Irwan Prayitno Nyatakan Sumbar Siap Jadi Tuan Rumah Puncak HPN 2017



Padang - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat lakukan verifikasi dalam rangka kesiapan Provinsi Sumatera Barat sebagai tuan rumah pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2017, Selasa (26/4).

Rombongan PWI Pusat ditemani Ketua PWI Sumbar Basri Basar, Pimred Harian Singgalang, Khairul Jasmi, GM Padang Eksres, Sukri Umar, Kabag Humas Padangpariaman, Hendra Aswara, Ketua PWI Pariaman Ikhlas Bakri dan Oyong Liza Piliang beserta sejumlah praktisi media lainnya, ikuti rapat koordinasi di pendopo rumah dinas Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang.

Menurut Gubernur Irwan Prayitno didampingi Walikota Padang, Mahyeldi, menyatakan kesiapan pihaknya menghelat HPN 2017 yang akan berlangsung selama lima hari dan dihadiri langsung oleh Presiden RI beserta sejumlah Menteri di kabinetnya.

"Kami menyatakan kesiapan dan memastikan surat pernyataan keinginan Sumbar yang mengajukan diri sebagai tuan rumah HPN 2017 adalah resmi dari kami," kata Irwan Prayitno.

Gubernur menyebut, Sumatera Barat adalah daerah pesisir barat pulau Sumatera yang paling lengkap infrastrukturnya. Di Kota Padang sendiri terdapat lebih dari 6000 kamar hotel berbintang yang siap menampung tamu dari seluruh Indonesia yang akan datang pada puncak HPN tersebut.

"Daerah kami juga memiliki potensi wisata besar, dan baru baru ini kami sukses menghelat Sail Komodo 2016 yang dibuka langsung oleh presiden," ujar gubernur.

Gagasan puncak HPN di Sumbar sendiri didasarkan keinginan Bupati Padangpariaman Ali Mukhni yang ditindaklanjuti oleh Ketua PWI Pariaman kemudian diteruskan ke PWI Sumbar dan PWI Pusat ke Dewan Pers RI.

"Padangpariaman akan menyertai Kota Padang sebagai tuan rumah puncak HPN 2017," kata GM Padang Ekspres Sukri Umar.

Setelah verifikasi oleh PWI Pusat, pihak tuan rumah akan lakukan rapat koordinasi lanjutan melibatkan lintas sektor.

OLP