Pemko Pariaman Siap Kepala Daerahnya Ikut Test Urine Narkoba




Anggota DPR RI John Kenedy Aziz (JKA) mendukung langkah kepala daerah yang ingin melakukan tes urine bagi semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerahnya.

Kata dia, langkah tersebut ditinjaklanjuti hingga kepada kepala daerahnya sekalian.

"Termasuk kepala daerahnya sekalian, jangan hanya ASN saja," ungkap JKA.

Dia menilai, perlakuan sama tersebut tentu akan berdampak pada kesetaraan abdi masyarakat di mata publik.

"Jika ada yang terbukti positif sebagai pengguna, apalagi kepala daerahnya maka harus diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku," tegas JKA, putra Sungai Geringging, Padangpariaman itu, Selasa (28/3).

Dia menuturkan, langkah tersebut adalah upaya pemerintah bersama masyarakat dan instansi penegak hukum dalam rangka pemberantasan dan pencegahan narkoba di daerahnya.

Terpisah, kepada wartawan, Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar, menyebut rancana pihaknya akan melakukan test urine mendadak bagi seluruh ASN di Kota Pariaman.

"Untuk memastikan pegawai bersih, dan bebas dari pengaruh narkoba dan benar-benar ikut melibatkan diri memerangi narkoba," ungkap Genius yang juga Kepala BNK Pariaman itu.

Tahun 2013, kata dia, pihaknya pernah melakukan test urine pada ASN Kota Pariaman.

"Waktu itu hasil test urine semuanya negatif," jelas dia.

Apa yang disarankan JKA tersebut, kata Genius adalah masukan sangat penting. Dirinya bersama Walikota Pariaman dan Sekda beserta Kepala SKPD tidak keberatan akan hal itu.

"Saran Bapak John Kenedy Aziz, kita dukung. Agar tes urine yang dilakukan berlaku sama dan menyeluruh, termasuk pejabat dan kepala daerahnya," tuntasnya.

TIM