Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Seminggu Alek Nagari di Cubadak Air, Genius: Inilah Budaya Lokal Kita

13 Oktober 2014 | 13.10.14 WIB Last Updated 2014-10-13T15:08:19Z



Wakil Walikota Pariaman Genius Umar secara resmi membuka Pagelaran Alek Nagari Desa Cubadak Air, Minggu malam (12/10/2014). Alek tersebut di selenggarakan di Pasar Nagari Cubadak Air, Kecamatan Pariaman Utara,  selama seminggu  dari tanggal 12 s/d 18 Oktober 2014.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Sosnaker Afnil, Camat Pariaman Utara, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Pemuda, serta segenap masyarakat Cubadak Air dan sekitarnya. Pegelaran akan menampilkan kesenian dan budaya khas pariaman seperti indang, ciloteh piaman, dendang berhadiah atau kim, randai koto gadih, dan lomba tambua tasa se Sumbar.

Genius Umar dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung progam budaya anak nagari tersebut. Ia berharap ajang ini merupakan ajang silaturahmi dan sekaligus untuk melestarikan kesenian tradisional masyarakat Minang khususnya Pariaman.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena dapat melestarikan kesenian tradisional kita seperti indang, randai, celoteh lapau, semua dapat mengembangkan budaya adat lokal," kata Genius.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pemerintah Kota Pariaman dengan keanekaragaman kesenian tradisionalnya yang ada saat ini perlu terus dilestarikan agar tidak terkikis dengan hiburan-hiburan luar seperti orgen tunggal yang tidak ada manfaatnya dan dapat merusak generasi muda kota pariaman.

"Untuk itu saya berharap masyarakat Pariaman selalu melestarikan kesenian tradisional agar tidak terkikis dari perkembangan zaman," tutupnya.

Usai membuka secara resmi acara anak nagari tersebut Genius dan hadirin lainnya langsung di hibur oleh celoteh lapau, gandang tasa, dan indang.


Juned/Reza
×
Berita Terbaru Update