Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sempat Diragukan, Ali Mukhni Akhirnya Wujudkan Boarding School MAN Insan Cendikia di Sintoga

14 Juli 2014 | 14.7.14 WIB Last Updated 2014-07-14T07:46:46Z
 Bupati Ali Mukhni didampingi Kamenag Masrican meninjau pekerjaan pembangunan ruang kelas dan asrama MAN Insan Cendikia di Nagari Sintuk, Kec. Sintoga, Minggu (13/7).


Ali Mukhni memilih untuk tetap bekerja memonitoring kegiatan pemerintahan dan pembangunan di wilayahnya ketimbang manfaatkan hari libur bersama keluarga.

Minggu siang itu, Ali Mukhni meninjau pekerjaan pembangunan lokal dan asrama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia di Sintuk Toboh Gadang (Sintoga), Minggu (13/7).

Kata dia, pembangunan MAN Insan Cendikia yang berdiri diatas lahan 10 hektar, saat ini sedang berjalan dan akan selesai hingga akhir tahun 2014.

Untuk mendukung keberadaan MAN Insan Cendikia, dia mengaku bahwa sarana jalan menuju ke Madrasah tersebut sudah diaspal hotmix. Salah satunya ruas jalan masuk dari Mesjid Toboh Apa menuju Toboh Sawah Mansi yang persis di depan kompleks MAN IC.

Ali Mukhni berharap bangunan ruang kelas dan asrama selesainya tahun ini, maka itu dia menargetkan pada awal tahun 2015 MAN Insan Cendikia telah bisa menerima siswa baru. Oleh karena itu dia menghimbau masyarakat Padangpariaman, khususnya bagi orang tua agar mempersiapkan anak-anaknya dengan matang untuk bersekolah disini. Karena, kata bupati, untuk masuk sekolah ini diadakan tes secara nasional dan siswa yang lulus 100 % murni yang tidak bisa di intervensi oleh siapa pun.

"Kepada orang tua siswa agar mempersiapkan dengan matang anak-anaknya untuk sekolah disini. Karena perlu diketahui untuk masuk sekolah ini diadakan tes secara nasional dan lulus 100 % murni yang tidak bisa di intervensi oleh siapa pun juga," kata Ali Mukhni didampingi Kakamenag Masrican dan Kabag Humas Hendra Aswara.

Diketahui, Lulusan MAN Insan Cendikia ini nantinya sangat mudah untuk di terima di perguruan tinggi favorit, karena sekolah ini adalah boarding school. Artinya, siswanya benar-benar dididik dan ditempa untuk dipersiapkan menjadi siswa yang cerdas dan berkualitas berlandaskan agama Islam.

Kegigihan Bupati memajukan dunia pendidikan mendapat respon positif dan apresiasi dari masyarakat Sintoga. Salah satunya dari Ketua pemuda korong balai usang nagari Sintuk yang sangat bersyukur dengan berdirinya MAN Insan cendikian di daerahnya. Ia mengaku pada awalnya ditengah masyarakat banyak yang meragukan dan kurang faham dengan keberadaan MAN Insan Cendikia. Namun dengan pendekatan yang dilakukan oleh Bupati maka pemuda pun ikut membantu untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai arti penting keberadaan MAN Insan Cendikia.

"Intinya kami sangat bersyukur dengan pembangunan MAN Insan Cendikia. Kami sangat mengapresiasi kegigihan Pak Bupati dalam rangka memperjuangkan sekolah ini, baik di tingkat propinsi dan pusat serta mensosialisasikan di tingkat bawah masyarakat. Badan boleh kecil tapi Pak Bupati sangat lincah melobi seperti yang sering disampaikan Pak Gubernur," ujar Id ketua pemuda setempat.

Sebagaimana diketahui dari 497 kabupaten/kota di Indonesia hanya terdapat 13 unit MAN Insan Cendikia, satu di antaranya terletak di Padangpariaman.  Adapun dampak pembangunan MAN Insan Cendekia, Nagari Sintuk akan bertumbuh lebih pesat. Mulai dari peningkatan sumber daya manusia yang akan mencetak kader-kader ulama bangsa, membuka lapangan kerja, hingga meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat, di mana diperkirakan milyaran uang nanti beredar setiap bulannya di tengah masyarakat.

HA/OLP
×
Berita Terbaru Update