Fantastis! Pariaman Internasional Triathlon Siap Bersaing Dengan Tour de Singkarak





Ketua Koni Kota Pariaman Fitrias Bakar bersama FTI (Federasi Triathlon Internasional) Indonesia yang diketua oleh Mark Sungkar, disokong Pemko Pariaman, akan menggelar even olahraga spektakuler Pariaman Triathlon Internasional pada bulan November 2014 yang akan datang.

Triathlon adalah sebuah kompetisi yang terdiri atas serangkaian cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda, dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu. Triathlon adalah kompetisi kecepatan waktu di mana peserta harus dapat membagi tenaga dalam setiap tahapnya. Triathlon pertama kali diciptakan oleh Scott Tinley, dan pertama kali diadakan perlombaannya di Perancis pada tahun 1920an-1930an.

Menurut Fitrias Bakar
(30/6) , Pariaman Internasional Triathlon akan di ikuti oleh lebih kurang 500 peserta tingkat nasional dan kaum ekspatriat. Lomba yang perdana diadakan di Pariaman ini terbagi 3 kelas, diantaranya, kelas olimpic dari kalangan profesional, kelas militer dengan peserta prajurit, serta kelas pemula dengan peserta bebas.

Acara ini nantinya akan terintegrasi di pantai Pariaman, seperti Gandoriah, Cermin dan pantai Kata. Pada lomba tersebut nantinya para atlit akan berjuang keras menaklukan medan perlombaan yang menguras energi, mulai dari renang di pantai Pariaman sejauh 1,5 Km, dilanjutkan  bersepeda mengitari Pantai Pariaman dengan jarak 40 Km, dan diteruskan dengan lari marathon sejauh 10 Km. Menurut Fitrias Bakar yang sudah membentuk ke panitiaan inti, total hadiah yang diperebutkan pada Pariaman Internasional Triathlon perdana ini adalah sebesar setengah milyar (Rp.500.000.000). Fantastis!

"Kemarin Ketua FTI Pusat Mark Sungkar sudah mensurvey lokasi dan mengatakan bahwa Pantai Pariaman memenuhi syarat untuk ajang perlombaan ini. Beliau juga sangat mengapresiasi dukungan Pemko Pariaman yang mensuport acara ini," terang Firias.

Dikatakan, progress dari perlombaan ini adalah sebagai bentuk memperkenalkan keindahan Pantai Pariaman ke dunia Internasional lewat olahraga.

"Lomba ini nantinya akan jadi even tahunan. Sebagai putra daerah, kita musti bersama-sama dukung program pemerintah dalam memajukan dunia pariwisata. Salah satunya tentu dengan sering mengadakan even yang berskala besar, dan Pariaman Internasional Triathlon ini salah satu jawabannya. Kami yakin
Pariaman Internasional Triathlon punya dampak jauh lebih besar untuk Kota Pariaman dibanding Tour de Singkarak," pungkas Fitrias meyakinkan.

Oyong Liza Piliang