Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ali Mukhni Bupati Padangpariaman Pertama Raih Penghargaan Satya Lencana Wira Karya Dari Presiden RI

22 Juni 2014 | 22.6.14 WIB Last Updated 2014-06-22T13:35:00Z


 Bupati Padangpariaman Ali Mukhni bersalaman dengan Wakil Presiden RI Boediono seusai terima penghargaan Satya Lencana Wira Karya Tahun 2014 dari Presiden Republik Indonesia.



Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni mencatatkan sejarah sebagai Bupati pertama yang meraih penghargaan Satya Lencana Wira Karya Tahun 2014 dari Presiden Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Boediono pada peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXI di Makodam V Brawijaya, Surabaya, Sabtu (14/6). Penghargaan Satya Lencana Wira Karya itu sebelumnya juga pernah diraih oleh Mendagri Gamawan Fauzi ketika menjabat Gubernur Sumatera Barat beberapa tahun yang lalu.

Diraihnya penghargaan tertinggi Satya Lencana Wira Karya Tahun 2014 tersebut merupakan puncak dari keberhasilan pemerintah kabupaten dalam mengendalikan jumlah penduduk dengan menekan angka kelahiran melalui program keluarga berencana. Ali Mukhni sebelumnya juga mendapatkan  pengahargaan Manggala Karya Kencana pada tahun 2012 yang lalu.

Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Sumatera Barat Hj. Nevi Irwan Prayitno mengaku bangga atas prestasi yang diraih Bupati Ali Mukhni. Ia menilai diraihnya prestasi tersebut sebagai bukti antara Pemerintah, LKAAM, Alim Ulama, TNI dan Polri, serta seluruh masyarakat telah bersatu padu dalam mensukseskan program KB.

"Saya atas nama pribadi dan masyarakat Sumatera Barat mengucapkan selamat kepada Bupati Padang Pariaman, Bapak Ali Mukhni. Semoga prestasi ini menjadi motivasi sekaligus inspirasi bagi kepala daerah yang lain untuk meraih penghargaan serupa," kata Hj. Nevi Irwan.

Mendapati hal tersebut, Bupati Ali Mukhni mengatakan bahwa Penghargaan Satya Lencana Wira Karya oleh Presiden RI ini diraih atas kerja keras seluruh pihak dan dukungan yang luar biasa dari masyarakat padang Pariaman.

Program KB di Padangpariaman melibatkan tungku tigo sajarangan, yakni, ulama, ninik mamak dan pemerintah daerah.

Pembentukan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Daerah yang terealisasi Tahun 2014 merupakan yang pertama di provinsi Sumbar.

Dikatakan, bahwa Ali Mukhni patut menjadi contoh bagi bupati dan Walikota daerah lain.

"Pertumbuhan penduduk yang tak terkendali akan berdampak pada kemiskinan pengangguran dan lingkungan hidup. Motto Padang Pariaman adalah dua anak cukup. Lelaki perempuan sama saja," pungkas Ali Mukhni di dampingi Kabag Humas Padangpariaman Hendra Aswara. 

Sementara itu Kepala BKKBN Prop. Sumbar mengatakan KB Pria sangat sulit namun di Padangpariaman sangat berhasil. Oleh karena itulah provinsi Sumbar berhasil menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan KB tingkat Nasional pada tahun 2012 dengan memotivasi pria ikut dalam program KB.

Selain penghargaan Satya Lencana Wira Karya yang raih Bupati Ali Mukhni, juga diraih penghargaan Dharma Karya Kencana yang diraih Dandim 0308 Letkol TNI Arm Nursamsudin. Prestasi prestisius ini merupakan satu-satunya Dandim di Indonesia yang memperoleh penghargaan dari Presiden RI atas prestasi sebagai mitra pemerintah dalam suksesnya progran KB di Padang pariaman.

Dandim mengatakan bahwa jajaran kodim 0308 bersama pemerintah daerah dan BKKBN bekerja sama untuk mencapai target dalam meningkatkan akseptor terutama KB pria.

Ia pun membagikan kiat suksesnya yaitu bekerja secara terpadu bersama babinsa, penyuluh KB dan bidan desa serta mengajak ninik mamak ikut melibatkan diri.

"Satu babinsa. satu akseptor. Pengetahuan seorang babinsa ditingkatkan dengan memberikan pembekalan mengenai KB, hasilnya pun sangat memuaskan, satu babinsa bisa meraih 60-80 akseptor KB pria," beber Dandim.

HA/OLP
×
Berita Terbaru Update