Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mukhlis: Musrenbang Tidak Hanya Cari Output Tapi Juga Sampai Manfaat Dari Hasil Pembangunan

17 Maret 2014 | 17.3.14 WIB Last Updated 2014-03-17T06:35:40Z





Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, membuka secara resmi tahapan akhir Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Kota Pariaman, Senin, 17/3/2014 di aula utama Balaikota Pariaman. Acara selama dua hari tersebut bertemakan "Melalui Musrenbang Kota Pariaman 2014, kita tingkatkan daya saing daerah melalui pariwisata dan ekonomi kreatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat."

Musrenbang merupakan wahana untuk mensinergiskan perencanaan bottom up dengan perencanaan top-down. Sehingga diharapkan mampu menciptakan kondisi yang memungkinkan masyarakat mengembangkan kreatifitasnya dalam kerjasama untuk kepentingan bersama pula. Musrenbang mengikutsertakan seluruh komponen masyarakat mulai dari penyusunan hingga pengawasan pembangunan nantinya.

Tahapan Musrenbang adalah; Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) tingkat Kota dan Musrenbang Provinsi dan Nasional. Tujuan Musrenbang adalah perencanaan pembangunan Top Down dan Bottom Up, mulai dari menampung aspirasi masyarakat dari kebutuhan mendesak serta jawaban terhadap berbagai tuntunan dari bawah (disebut Bottom Up). Sedangkan dari atas kebawah atau Top Down adalah memenuhi pencapaian RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Pusat dan Provinsi, memenuhi pencapaian visi-misi daerah dan memenuhi kriteria beberapa parameter (kemiskinan, pengangguran, dll, dsb)

Dalam sambutannya Mukhlis mengatakan bahwa sebagaimana diketahui bersama bahwa Musrenbang RKPD 2014 yang dilaksanakan bersama hari ini memiliki makna yang strategis bagi keberlanjutan dan kesinambungan proses pembangunan di Kota Pariaman.

"Ini adalah bagian dari sistem pembangunan. Output dari Musrenbang RKPD 2014 akan dijadikan dasar bagi penyusunan RKPD Tahun 2015 yang akan menentukan terhadap pembangunan Kota Pariaman," kata Mukhlis.

Sesuai dengan kegiatan pada hari ini yang merupakan tahapan akhir Musrenbang RKPD 2014 selama dua hari dari Tanggal 17-18 Maret untuk menyusun RKPD Kota Pariaman 2015, Mukhlis mengatakan, fokus pencapaian tahun 2015 sangat fundamental dalam pencapaian visi-misi Kota Pariaman.

Lebih lanjut Mukhlis menuturkan, strategi dan arah kebijakan yang harus ditempuh pada Tahun 2015 adalah pencapaian kinerja ekonomi yang berbasis pada ekonomi kerakyatan, pengentasan kemiskinan, dan kesinambungan pembangunan.

"Arah kebijakan pembangunan Tahun 2015 tersebut hendaknya dapat ditindaklanjuti dengan lebih terperinci, terukur dengan tidak hanya sampai output tetapi sampai kepada manfaat dan hasil pembangunan," pintanya.

Perwakilan seluruh komponen masyarakat hadir dalam acara Musrenbang tersebut. Baik dari unsur Muspida, SKPD, Camat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, unsur Ormas dan kalangan insan pers.

Catatan Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update