Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ziarahi makam Anas Malik, Gadaffi ingin wujudkan pesan sang kakek

3 Desember 2023 | 3.12.23 WIB Last Updated 2023-12-03T09:26:28Z

Jakarta - Teuku Muhammad Gadaffi ziarah ke makam Kolonel (Purn) Anas Malik di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Minggu (3/12).


Cucu pertama sekaligus mengidolakan bupati Padangpariaman legendaris Anas Malik ini ini, bertekad ingin melanjutkan perjuangan sang kakek untuk kampung halamannya.


Sebagai cucu tertua, Gadaffi sering mendapatkan nasehat dari Anas Malik semasa hidupnya. Kala itu Anas Malik memintanya jika besar kelak agar berbuat baik kepada semua orang, pemurah dan tidak melupakan kampung halaman.


Nasehat tersebut ternyata sudah lama terngiang di sanubari Gadaffi. Melalui momentum Pemilu 2024 ini, Gadaffi mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dapil Sumbar 2 no urut 3 Partai Demokrat.


Untuk diketahui Anas Malik lahir di Padangpariaman pada 21 Desember 1929 dan meninggal dunia di Jakarta 18 Oktober 1994.


Beliau adalah perwira militer dan pernah menjabat sebagai Bupati Padangpariaman dua periode yakni 1980—1985 dan 1985—1990.


Di samping itu ia memainkan peranan penting dalam menjembatani para perantau dalam memberikan sumbangan pembangunan terhadap kampung halaman, sehingga diangkat menjabat Ketua Persatuan Keluarga Daerah Padang Pariaman (PKDPP), di kemudian hari berubah menjadi Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) se-Indonesia.


Anas Malik tercatat sebagai pendiri dan ketua Yayasan LP-3 Esida Sumatera Barat yang kemudian mendirikan lembaga pendidikan seperti AKOP/STEKOP Padang, Aperta Sumbar di Lubuk Alung dan pendiri Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Pemda Padang Pariaman (kemudian berubah menjadi AKPER Pemkab Padang Pariaman dan terakhir diserahkan kepada Universitas Negeri Padang menjadi salah satu program studi D3 Keperawatan di Fakultas Ilmu Keolahragaan.


Semasa menjabat bupati, Anas Malik menggagas Program ABRI Masuk Desa (AMD), Program K-3 dan berhasil membebaskan kawasan Pantai Pariaman dari julukan "WC Terpanjang di Asia/Dunia". Program AMD kemudian disejalankan dengan Program Manunggal Sakato (Manunggal Juang, Manunngal Bhakti).


Sebelum menjabat bupati, Anas Malik berkarier di ABRI Angkatan Darat sebagai Kepala Dinas Penerangan Kodam V/Jakarta Raya dengan pangkat Letnan Kolonel tahun 1974-1980.


Anas Malik menikah dengan Juwita Anas Malik asal Nagari Batu Gadang Sungai Geringging, dan dikaruniai sembilan orang anak. (OLP)


×
Berita Terbaru Update