Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius minta penyuluh pertanian lebih responsif di lapangan

12 September 2023 | 12.9.23 WIB Last Updated 2023-09-12T12:30:51Z


Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar membuka training bulanan penyuluh pertanian se Kota Pariaman di ruang pertemuan UPT, Senin (11/9).

Training bulanan merupakan agenda rutin yang diprogramkan oleh Pemko Pariaman melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Kota Pariaman. 

"Tujuannya untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala di lapangan bagi para penyuluh dan bagaimana solusinya sehingga untuk ke depannya para penyuluh lebih mudah dalam melakukan kegiatan,” ungkapnya.

Penyuluh pertanian, sambung Genius, merupakan ujung tombak dan keaktifan dari pertanian, nelayan, perikanan dan peternakan. Seperti apa penyuluh di lapangan terlihat dari hasil tani kelompok tani. 

"Oleh karena itu saya meminta kepada para penyuluh untuk dapat lebih aktif. Apa yang menjadi kendala, kita carikan solusinya bersama sehingga Kota Pariaman mampu memiliki hasil tani yang melimpah,“ tambahnya.

Kelompok tani sendiri adalah wadah berkumpulnya petani atas dasar kesamaan kepentingan, kesamaan kondisi lingkungan sosial, ekonomi, dan sumberdaya, kesamaan komoditas, dan keakraban untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha anggota. 

Dengan berkumpulnya petani pada kelompok tani, pembangunan pertanian untuk mencapai kesejahteraan petani akan lebih terarah.

Training bulanan penyuluh pertanian se Kota Pariaman diikuti oleh 45 orang peserta yang terdiri dari penyuluh dan kelompok jabatan fungsional. 

Pada kesempatan itu para penyuluh juga diberi kesempatan untuk menyampaikan langsung kendala yang dihadapi di lapangan, seperti pupuk, peternakan dan pangan. Kendala yang diterima, langsung diberikan solusi oleh walikota.

“Kita berharap penyuluh mampu menjadi aparatur pertanian yang profesional, amanah, kreatif, proaktif, serta responsif dalam pelaksanaan tugasnya memecahkan permasalahan petani di lapangan sesuai disiplin ilmu pengetahuan yang dimiliki, metodologi dan teknis analisis yang tepat sesuai keahlian masing-masing,“ tandasnya. (Dewi)

×
Berita Terbaru Update