Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hengkang dari Nasdem, Dewi Fitri Deswati bersama loyalis hijrah ke PKB

11 Mei 2023 | 11.5.23 WIB Last Updated 2023-05-11T13:51:04Z

 


Pariaman - Mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Nasdem Kota Pariaman, Ir Dewi Fitri Deswati dan pengurus inti Nasdem lainnya, resmi bergabung ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumatra Barat (Sumbar). Padahal Dewi dan sejumlah nama dalam gerbong hijrahnya itu, sebagian besar telah terdaftar sebagai bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) untuk Sumbar dan Kota Pariaman lewat Nasdem.

"Hari ini gerbong kami resmi bergabung dengan PKB. Mengenai nama kami yang sebelumnya akan atau telah didaftarkan ke KPU Sumbar dan KPU Kota Pariaman oleh Nasdem, akan kita beritahukan secara resmi melalui surat pernyataan resmi ke KPU," kata Dewi Fitri Deswati di Pariaman, Kamis (11/5).

Dewi menyebutkan sejumlah nama Bacaleg termasuk mantan wakil ketua DPRD Kota Pariaman periode 2014-2019 Ir Syafinal Akbar - yang hijrah dari Nasdem ke PKB - merupakan pengurus lama Nasdem yang diakui berjasa besar membesarkan Partai Nasdem sehingga partai itu selalu mendapatkan satu fraksi di DPRD Kota Pariaman sejak partai itu dipimpinnya. Dewi sendiri merupakan Ketua DPC Nasdem lebih kurang sejak 12 tahun terakhir. Untuk diketahui, saat ini DPC Partai Nadem Kota Pariaman diketuai oleh Iskandar.

Dewi mengatakan hijrahnya ia bersama loyalisnya ke PKB merupakan keputusan rasional karena merasa perjuangannya membesarkan Nasdem selama ini kurang dihargai. Meski begitu Dewi tidak mau mengatakan dengan gamblang alasan lebih kepindahannya, karena ungkap dia, ia tidak mau dinilai menjelek-jelekkan partai yang pernah dipimpinnya tersebut.

"Alasan kepindahan ke PKB telah dipikirkan matang-matang, hasil perenungan panjang. Tidak keputusan emosional, tapi keputusan yang sangat tepat dan rasional," tegas Dewi.

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Sumbar, Tri Suryadi, SE, M.Sos, membenarkan hijrahnya Dewi bersama gerbong Partai Nasdem Kota Pariaman ke PKB. Wali Feri dia biasa disapa bahkan mengatakan Dewi bersama sejumlah pengurus itu telah resmi bergabung hari ini.

"Benar. Tadi siang Ibu Dewi bersama Bang Syafinal Akbar dan rombongan telah datang ke kantor DPW PKB Sumbar, dan telah resmi bergabung," kata mantan anggota DPRD Sumbar itu.

Bahkan, kata mantan calon Bupati Padangpariaman periode 2019-2024 itu, rombongan mereka didampingi langsung oleh Ketua DPC PKB Kota Pariaman, Kardinal Feri, Sekretaris Alfiandri Zaharmi dan Wakil Ketua, Suardi Chaniago dan disambut langsung oleh Anggota DPRD Sumbar, Firdaus yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua PKB Sumbar.

Wali Feri sendiri tidak mau mengomentari alasan kepindahan massal pengurus Nasdem Kota Pariaman itu ke PKB, namun dia memastikan Dewi dan pengurus yang hijrah ke partai besutan Muhaimin Iskandar itu adalah tokoh-tokoh publik berpengaruh di Kota Pariaman.

"Ya tentu kita tahu kiprah Bu Dewi selama ini sebagai tokoh perempuan, pengusaha dan politisi yang tidak asing lagi di Kota Pariaman dan Sumbar. Beliau pernah menjadi calon walikota, pengusaha properti dan restoran yang sangat populer. Kami di PKB tentu sangat terbuka menerima mereka, bahkan merasa bersyukur karena memilih PKB sebagai partai perjuangan politik beliau," kata Wali Feri yang juga akan mencalonkan diri sebagai Bacaleg DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Sumbar II ini.

Wali Feri juga membenarkan sebagian besar pengurus Nasdem yang telah bergabung di PKB itu, merupakan daftar Bacaleg dari Partai Nasdem yang akan didaftarkan (kembali) sebagai Bacaleg dari PKB pada Sabtu mendatang ke KPU.

"Selain bergabung di PKB, kita juga menerima berkas untuk Bacaleg yang akan kita daftarkan ke KPU Sumbar untuk Ibu Dewi dan ke KPU Kota Pariaman untuk Syafinal Akbar dan rekan-rekan yang baru bergabung lainnya, Sabtu besok," jelas mantan Wali Nagari Pilubang ini.

Wali Feri mengatakan susunan Bacaleg untuk Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman saat ini diisi tokoh-tokoh dan para politisi yang telah berpengalaman dan punya reputasi.

Selain Dewi Fitri Deswati dan Syafinal Akbar, nama mantan Anggota DPRD Kota Pariaman (2009-2014) sekaligus wartawan senior Suardi Chaniago juga disebutkan akan mendaftar sebagai Bacaleg PKB dari Dapil Pariaman Timur-Selatan untuk DPRD Kota Pariaman. Mantan anggota KPU Kota Pariaman dua periode, Alfiandri Zaharmi, kata Wali Feri juga akan maju dari Dapil Pariaman Tengah.

"PKB Kota Pariaman dan Padangpariaman memilik formasi Bacaleg yang sangat bagus dan berkualitas. Hal ini tentu tidak terlepas dari tangan dingin Ketua DPC masing-masing, terutama Kardinal Feri sebagai Ketua DPC PKB Kota Pariaman yang memiliki latar belakang pengusaha sekaligus tokoh pemuda dan olahraga," ungkap Bacaleg DPR RI yang banyak diprediksi akan mendapatkan nomor urut 1 dari Dapil II Sumbar itu.

Karena formasi Bacaleg Kota Pariaman saat ini, Wali Feri optimis PKB akan mendapatkan kursi di DPRD Kota Pariaman dari yang sebelumnya tidak pernah sekalipun.

"Mudah-mudahan, dan kami optimis akan pecah telur. Bahkan dari formasi Bacaleg kami cukup optimis memenuhi capaian target perolehan tiga kursi di DPRD Kota Pariaman," pungkasnya. (OLP)

×
Berita Terbaru Update