Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Curahan pilu keluarga korban rumah kebakaran kepada Genius Umar

30 Januari 2023 | 30.1.23 WIB Last Updated 2023-01-30T14:04:14Z

 

Foto: Desi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar lakukan penggalangan dana selain memberikan bantuan kepada keluarga korban rumah kebakaran yang terjadi pada Senin dinihari pukul 01.30 Wib di Dusun Lapai Desa Cimparuah, Pariaman Tengah (30/1).

Dalam kebakaran tersebut sejumlah dokumen penting juga hangus terbakar. Seperti ijazah, dokumen kependukukan keluarga, hingga komputer jinjing yang biasa digunakan untuk membuat tugas kuliah oleh Viona, salah satu mahasiswa program satu keluarga satu sarjana Pemko Pariaman di Telkom University, Bandung.

"Rumah hangus terbakar, di mana lagi ayah, ibu dan adik-adik tinggal. Laptop baru dibeli juga terbakar. Bagaimana cara belajar lagi, bingung jadinya," curah Viona kepada Walikota Genius Umar.

Mendengar ratapan pilu dari Viona, Genius Umar langsung terharu. Seketika ia mengambil inisiatif menggalang dana untuk membelikan Viona komputer jinjing baru.

"Karena laptop kebutuhan pokok dan mendasar bagi mahasiswa. Apalagi Viona mahasiswa di Telkom University yang materi kuliahnya banyak dikerjakan di laptop," ungkap Genius.

Pada penggalangan dana dadakan tersebut yang diikuti oleh sejumlah OPD, staf, camat, kades, unsur masyarakat dan Kasat Reskrim Polres Pariaman, terkumpul uang sebesar Rp 9,5 juta. Jumlah tersebut akan kembali bertambah karena masih ada sumbangan lainnya dari OPD untuk membelikan keperluan lainnya.

"Alhamdulillah dari hasil badoncek (penggalangan dana) terkumpul uang Rp 9,5 juta, dan masih ada lagi dari sumbangan OPD. Kita akan belikan laptop baru dan keperluan lainnya," imbuh Genius.

Di samping itu, Genius juga memerintahkan Dinas Pendidikan Kota Pariaman agar segera membantu mengurus dokumen pendidikan baru bagi keluarga Viona. Baik itu ijazah, raport hingga dokumen terkait pendidikan lainnya.

"Dua orang adiknya masih sekolah di SMP Negeri 2 Pariaman dan SD, sekaligus melengkapi keperluan sekolah mereka agar bisa kembali belajar di sekolah seperti biasanya," ucap Genius.

Selain itu Genius juga meminta Baznas Kota Pariaman untuk ikut membantu pembangunan rumah Viona yang langsung disetujui oleh Ketua Baznas Kota Pariaman, Zalman Zaunit dengan anggaran sebesar Rp 20 juta.

"Kita semua, ASN, Forkopimda, masyarakat, tokoh masyarakat ikut terlibat meringankan beban keluarga Viona. Kami berharap sebisa mungkin mampu meringankan beban mereka," katanya.

Genius juga menyerahkan bantuan yang disediakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman, berupa tenda, tikar, kasur, selimut, makanan, tas sekolah dan perlengkapannya, serta kebutuhan pokok lainnya. (Desi/OLP)

×
Berita Terbaru Update