Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius matangkan rencana strategis pengembangan kawasan terpadu dari Pauh hingga Padang Biriak-biriak

14 Mei 2022 | 14.5.22 WIB Last Updated 2022-05-14T12:21:15Z

Foto: Junaidi

Pariaman - Pemko Pariaman gelar rapat terpadu lintas sektor dengan beberapa kepala OPD tentang rencana strategis pengembangan kawasan terpadu dari Desa Pauh Pariaman Tengah hingga Desa Padang Biriak-Birik Pariaman Utara.

Walikota Pariaman, Genius Umar ingin agar kawasan terpadu nantinya mencakup seluruh stakeholder yang ada. Ia juga menekankan agar setiap OPD nantinya membuat program dan kegiatan di kawasan tersebut.

"Sehingga kawasan ini nantinya menjadi pertumbuhan ekonomi baru dan pengentasan kawasan kumuh dari Desa Pauh sampai Desa Padang Biriak-Biriak," Kata Genius Umar di Pariaman, Sabtu (14/5).

Dalam rapat yang dipimpinnya itu disepakati setiap OPD akan melasanakan program kemudian mensinergikan dengan kegiatan yang ada di Kementerian terkait dengan tupoksi di masing-masing OPD.

"Dan berupaya menarik anggaran DAK yang ada di Kementerian," katanya.

Genius telah memetakan dan mematangkan 8 OPD untuk mengeroyok rencana strategis pengembangan kawasan kumuh terpadu yang dibuatkan siteplan dan proposal kepada Kementerian untuk mendapat DAK ke Kota Pariaman.

8 OPD tersebut antara lain ;

1. Dinas Perkim LH (Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup) mempersiapkan DAK terintegrasi Sanitasi Dan Air Minum, serta DAK Pemukiman

2. Dinas Kesehatan membuat program Healty City dan kegiatan pemberdayaan masyarakat

3. DP3AKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB) membuat program Kampung Keluarga Berkualitas Terintegrasi, Ruang Bermain Ramah Anak dan Kampung KB

4. Dinas Perindagkop dan UKM mempersiapkan program dan kegiatan pembinaan terhadap koperasi, pelatihan terhadap pedagang, pelatihan sulaman, pelatihan terhadap para UMKM di kawasan tersebut dan menjadikanya kawasan tersebut menjadi Central Kuliner dan Suvenir.

5. DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) mempersiapkan desa wisata di daerah Talao Manggung dan Pasar Desa di Desa Naras 1.

6. DP3 (Dinas Pertanian Pangan Perikanan) mempersiapkan Program Kalaju (Kampung Nelayan Maju), Vegetasi Pantai (Penanaman Cemara Laut, Ketapang Kencana, Pinago),  bantuan jaring untuk nelayan, fish box, serta bantuan mesin.

7. Dinas PUPR (Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan) mempersiapkan pembangunan Jalan, Jembatan, Dermaga Tambatan Kapal dan penarikan Kapal Perang untuk Museum

8. Dinas Pariwisata mempersiapkan destinasi wisata dan program Desa Wisata. (Juned)

×
Berita Terbaru Update