Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

17 Ponpes Nurul Yaqin se Padangpariaman Deklarasi Dukung Tri Suryadi-Taslim

16 Oktober 2020 | 16.10.20 WIB Last Updated 2020-10-16T15:16:50Z


Lubuk Alung - Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan - Ringan Pakandangan dan 17 cabangnya di Padangpariaman nyatakan sikap mendukung pasangan nomor urut 2 Tri Suryadi - Taslim di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padangpariaman 2020, di Aula Pesantren Nurul Yaqin Sadaniyah di Kasiak Putiah Lubuk Alung, Jumat (16/10).

Deklarasi sikap politik itu disampaikan tanpa keraguan oleh unsur pimpinan pesantren induk dan seluruh cabangnya yang tersebar di berbagai wilayah Padangpariaman. Cabang Ponpes Nurul Yaqin sendiri ada 23 di seluruh Sumatra Barat dengan ribuan santri dan ratusan alumni yang kini berkiprah di berbagai instansi, lembaga dan organisasi kemasyarakatan berpengaruh.

Pimpinan Ponpes Induk Nurul Yakin Ringan - Ringan, Syeikh Muhammad Rais Tuanku Nan Basa mengatakan selain menentukan sikap mendukung Tri Suryadi Taslim, pihaknya juga akan berjuang dengan seluruh keluarga besar Ponpes Nurul Yaqin untuk memenangkan pasangan yang mereka usung tersebut.

Dia bilang sudah tugasnya sebagai ulama membimbing ummat agar terhindar dari kemungkaran dan salah memilih pemimpin. Memilih pemimpin yang tepat menurutnya adalah langkah nyata melawan kemungkaran. Ia tidak akan membiarkan ummat salah dalam memilih pemimpin. Memilih pemimpin yang baik, imbuh dia, adalah jihad konstitusi.

"Maka dari itu kita keluarga besar Nurul Yaqin tidak boleh golput. Semua harus memilih. Memilih pemimpin yang tepat selain dapat pahala juga jihad," tegasnya.

Menurut Muhammad Rais, dukungan besar gerbong Nurul Yaqin disertai para ulamanya diberikan lantaran Tri Suryadi - Taslim dinilainya punya komitmen kuat memajukan pendidikan keagamaan di Padangpariaman. Ia menyebut perhatian pemerintah saat ini masih kurang kepada pondok pesantren.

"Masih banyak jalan menuju pondok pesantren yang belum diaspal. Pemberdayaan kepada santri juga sangat minim seperti memberikan latihan keterampilan," imbuhnya.

Selain itu, menjatuhkan pilihan politik pada pasangan nomor urut 2 tersebut, kata dia, juga telah melalui hasil musyawarah mufakat dengan suara bulat oleh pimpinan seluruh cabang ponpes Nurul Yaqin dan para ulama.

Senada dengan Tuanku Nan Basa, pimpinan Ponpes Nurul Yaqin Sadaniyah Kasiak Putiah Lubuk Alung, M. Jali Sadana Tuanku Mangkuto mengatakan, ia sepakat mendukung pasangan Tri Suryadi - Taslim setelah melihat track record keduanya.

"Untuk mencapai tujuan dibutuhkan kekuatan bersama. Upaya dan doa ulama adalah senjata bagi orang beriman dan insya Allah dijabah Allah," katanya.

Sementara itu, Tri Suryadi berkomitmen memajukan pendidikan berbasis umum dan agama, termasuk pondok pesantren, merupakan salah satu program unggulannya dengan Taslim.

Wali Feri karib ia disapa, menyebut dirinya selalu dekat dengan kalangan ulama. Bahkan, setiap langkah politik yang ia tempuh selalu mempertimbangkan masukan dan saran ulama.

"Saat mencalon sebagai walinagari, calon DPRD Padangpariaman dan DPRD Sumbar, saya selalu mohon masukan dan restu dari ulama. Begitu juga saat ikut Pilkada, saya juga minta saran dan pertimbangan beliau," tukasnya.

Wali Feri meyakini ulama merupakan payung untuk mendapatkan berkah. Daerah yang memuliakan ulama mereka, daerahnya akan mendapatkan berkah dari Allah SWT.
 (Nanda/OLP)

×
Berita Terbaru Update