Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

TTG Pariaman 2019: Pemko Akan Kembangkan Teknologi Temuan Para Pemenang

16 Mei 2019 | 16.5.19 WIB Last Updated 2019-05-16T04:18:50Z
Efendi Jamal saksikan demo TTG siswa SMKN 3 Pariaman. Foto: Rika
Pariaman - Untuk meningkatkan kemandirian dan kreativitas generasi muda Pariaman, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kota Pariaman gelar sayembara teknologi tepat guna (TTG), Selasa (14/5).

Kepala Dinas PMDes, Efendi Jamal mengatakan peserta yang mengikuti sayembara TTG sudah melalui beberapa tahap seleksi sebelumnya. Peserta yang mengikuti TTG adalah kalangan pelajar dan masyarakat umum, baik yang baru maupun yang lama atau yang pernah mengikuti lomba yang sama di tahun sebelumnya. Peserta lama harus memiliki alat dengan temuan baru dan berdaya guna.

“Setelah mendapatkan peserta dengan hasil terbaik nantinya akan kita kembangkan lagi teknologinya supaya bermanfaat bagi masyarakat. Selanjutnya mereka diikutkan ke lomba tingkat provinsi maupun nasional,” kata Efendi Jmal di Pariaman, Kamis (16/5).

Kriteria alat yang digunakan, imbuh dia, bersifat pembaharuan temuan, kelayakan teknis, ekonomis dan ramah lingkungan, serta manfaat alat dan potensi aplikasi industri.

Efendi Jamal mengapresiasi peserta yang telah melahirkan ide-ide maupun penemuan inovasi baru. Ia berharap temuan itu lebih produktif.

"Peserta dengan hasil karya terbaik dengan menggunakan alat yang ramah lingkungan, biaya murah, dan tidak memerlukan teknologi rumit yang bermanfaat bagi masyarakat, semoga banyak dihadirkan peserta lomba nantinya," harapnya.

Rangga Saputra, salah satu peserta TTG dari SMKN 3 Pariaman membuat alat pemotong botol plastik. Rangga mengungkapkan tujuan alatnya itu untuk mengurangi sampah botol plastik yang semakin banyak menumpuk di Kota Pariaman.

“Dengan adanya lomba ini saya dapat meningkatkan nilai seni dan mengembangkan kreasi bagaimana bisa memanfaatkan limbah yang ada untuk menghasilkan inovasi baru,” katanya.

Alat itu sendiri dibuat dengan tujuan mempermudah ibu rumah tangga maupun masyarakat lainnya. Botol plastik dipotong dengan alat tersebut menghasilkan tiga bentuk tali, yaitu kecil dengan menghasilkan sikat dan sapu sedangkan yang menengah menghasilkan seperti tali jemuran pakaian, kemudian yang besar bisa menarik mobil.

Peserta yang baru pertama kali mengikuti TTG, itu berharap bisa maju ke tingkat provinsi dan mengharumkan nama Pariaman dan sekolahnya. (Rika)
×
Berita Terbaru Update