Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

5 Parpol Bolos Ikuti Pelatihan Saksi oleh Bawaslu Pariaman

6 April 2019 | 6.4.19 WIB Last Updated 2019-04-06T12:00:04Z
Foto: Nanda
Pariaman - Lima partai politik peserta pemilu 2019 tingkat Kota Pariaman tidak mengirimkan saksinya untuk dilatih oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pariaman.

Kelima partai politik tersebut antara lain, Partai Nasdem, PKPI, PSI, Partai Berkarya dan Partai Garuda tidak mengirimkan saksi yang bertugas di TPS untuk dibekali oleh Bawaslu pada 6-7 April 2019.

Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan, mengatakan dari koordinasi dengan pengurus, dipastikan kelima partai tersebut tidak mengirimkan saksinya. 

Kata dia, koordinasi dengan sejumlah pengurus parpol masih menyusun dan melengkapi nama saksi bakal diutus bertugas ikut mengawasi pungut hitung di TPS.

"Kemaren kelima pengurus parpol telah memastikan tidak mengirimkan saksinya untuk dilatih," katanya saat melakukan monitoring pelatihan saksi pemilu 2019 di Kecamatan Pariaman Utara, Sabtu (6/4).

Menurut Riswan, pelatihan membekali saksi mengawasi tahapan pemungutan dan penghitungan suara. Ketidakpahaman saksi terhadap aturan pungut hitung di TPS, akan menimbulkan permasalahan perbedaan pendapat antara saksi dengan KPPS, antara saksi dengan saksi.

"Nanti tidak paham mana suara sah dan tidak sah. Kuatirnya berdebat di TPS karena ketidaktahuannya," ulasnya.

Meski tidak mengirimkan saksi untuk dilatih, parpol tetap bisa menugaskan saksi parpol datang ke TPS mengawasi pungut hitung di TPS. 

Bawaslu juga membagikan buku saku kepada seluruh saksi peserta pemilu  usai pelatihan. Bagi saksi parpol yang tidak hadir saat pelatihan, buku saku tetap diberikan melalui parpol masing-masing.

"Hari ini dan besok adalah jadwal yang kita tetapkan untuk pelatihan saksi. Jika ada parpol menyusul mengadakan pelatihan saksi dan mengundang Bawaslu, akan diberikan materi jika diundang dan jika jadwal tidak padat," imbuhnya.

Riswan merinci, sebanyak 3.088 saksi yang telah diusulkan dan saksi dari dua pasangan capres cawapres yang dilatih Panwascam se Kota Pariaman hingga esok.

Pelatihan saksi parpol dan capres pemilu 2019 dipusatkan di empat wilayah antara lain, Kecamatan Pariaman Tengah di Aula Cafe Discoveri, Aula BP PUAD DIKMAS Rawang, dan Aula Kantor Camat Pariaman Tengah.

Sedangkan pelatihan saksi di Kecamatan Pariaman Selatan dipusatkan di Aula Rumah Makan Sambalado, Kantor Camat Pariaman Selatan, dan Aula Kantor Desa Marabau.

"Kecamatan Pariaman Timur dilakukan di Kantor Camat Pariaman Timur, Gedung Ananda dan Hotel Kasandra," rincinya.

Sementara di Kecamatan Pariaman Utara dipusatkan di SMP Islam Terpadu Al Furqon Desa Sikapak Barat. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update