Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ali Mukhni- Ibu Ciptaan Allah Paling Mulia di Muka Bumi

22 Desember 2016 | 22.12.16 WIB Last Updated 2016-12-22T11:44:29Z




Peringatan Hari Ibu ke-88 Tingkat Kabupaten Padangpariaman digelar di Hall IKK Padangpariaman di Paritmalintang, Kamis (22/12).

Acara yang dipimpin oleh Bupati Padangpariaman Ali Mukhni itu dimulai dengan untaian kata sahut menyahut dari para Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Padangpariaman yang berbunyi-- “Istriku, Inpirasiku, motivasiku, ibu anak-anakku, cintamu membuatku tegar dan bisa karena do’a mu.”

Di hadapan seluruh hadirin yang juga dihadiri unsur Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Padangpariaman Hj Rena Ali Mukhni menyampaikan sejarah singkat Hari Ibu yang diperingati seluruh hadirin saat ini.

Dia berpesan kepada para ibu di Padangpariaman agar mampu jadi penyemangat suami, bagi anak-anak, masyarakat hingga dalam hidup berbangsa bernegara.

Menurutnya, para ibu agar menjadi motivasi sekaligus inspirasi bagi suami dalam menjalankan tugas/pekerjaan sehari-hari. Para ibu harus mampu mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah dalam rumah tangga.

“Karena dibelakang suksesnya seorang suami sejatinya suksesnya seorang istri dan ibu yang ada di belakangnya. Walaupun peringatan ini dilakukan setiap tahunnya, namun hakikatnya peringatan hari ibu itu setiap hari,” ungkap ibu tiga anak ini.

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni pada kesempatan itu menambahkan bahwa peran ibu saat ini memiliki multi-fungsi dalam keluarga dan masyarakat.

"Peran ibu saat ini sebagai pendidik, madrasah, sebagai dokter, akuntan keuangan, sekuriti dan lainnya. Begitu banyak fungsi seorang ibu dalam rumah tangga," ungkapnya.

Ali Mukhni juga menegaskan bahwa para ibu adalah makhluk paling mulia yang diciptakan oleh Allah SWT di muka bumi-- sebagaimana surat Al-ahqaaf ayat 15 yang berbunyi;

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada ibu bapaknya. Ibunya mengandungnya dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah (pula)."

"Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo’a: 'Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri ni’mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai. berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku.' Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.”


Tidak cukup dengan firmannya itu, ungkap Ali Mukhni-- Rasulullah menegaskan lagi dalam Hadisnya yang berbunyi;

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.'” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)
 

“Sekali lagi saya ucapkan selamat Hari Ibu, semoga ibu-ibu yang ada di Padangpariaman bisa menjadi ibu terbaik dunia akhirat,” Ali Mukhni mengakhiri.

HS/OLP
×
Berita Terbaru Update