Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius- Ipal Kumunal Solusi Sanitasi Perkotaan

23 Desember 2016 | 23.12.16 WIB Last Updated 2016-12-23T05:14:17Z



Wakil Walikota Pariaman Genius Umar mengimbau kepala desa dan lurah serta stakeholder terkait agar memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang arti sanitasi bagi warga perkotaan.

"Di samping itu juga dapat menyelesaikan setiap permasalahan sanitasi di tiap desa dan kelurahan secepat mungkin," ujar Genius saat membuka acara konsultasi publik dokumen Strategi Sanitasi Kota (SSK) di aula pertemuan hotel Almadina di Bypass Jati Pariaman, Kamis (22/12).

Genius menyatakan sanitasi merupakan kebutuhan dasar dan syarat utama-- oleh sebabnya sanitasi harus menjadi prioritas utama bagi semua pihak.


Sanitasi sebagai salah satu aspek pembangunan memiliki fungsi penting dalam menunjang tingkat kesejahteraan masyarakat-- karena berkaitan dengan kesehatan, pola hidup, kondisi lingkungan permukiman serta kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sanitasi seringkali dianggap sebagai urusan “belakang”, sehingga sering terpinggirkan dari urusan-urusan lain. Namun, seiring dengan tuntutan peningkatan standar kualitas hidup masyarakat, semakin tingginya tingkat pencemaran lingkungan dan keterbatasan daya dukung lingkungan itu sendiri, menjadikan sanitasi sebagai salah satu aspek pembangunan yang harus diperhatikan.

Dia menjelaskan, salah satu cara untuk mengatasi persoalan sanitasi perkotaan dengan Ipal Komunal yang ada di Dinas Pekerjaan Umum. Pihaknya mengaku telah membangun Ipal Komunal di Desa Tungkal-- di mana setiap limbah pembuangan diolah kembali menjadi air bersih agar memiliki manfaat.

"Sehingga keberadaan limbah yang mengganggu lingkungan memiliki manfaat," ujarnya.

Dia menambahkan, setiap program pembangunan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat demi kemajuan Kota Pariaman.

Acara tersebut turut dihadiri sekaligus narasumber oleh Satuan Kerja PSPL Provinsi Sumbar yang diwakili oleh Gandung Wibawadi, Kepala Bappeda Fadli, serta SKPD terkait dan kepala desa/lurah sekota Pariaman.

TIM
×
Berita Terbaru Update