Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ada LGBT di Dunia Maya, Ali Mukhni Minta Orangtua Bimbing Anak Akses Internet

31 Agustus 2016 | 31.8.16 WIB Last Updated 2016-08-31T13:54:26Z



Mencegah dampak negatif penggunaan internet di kalangan anak muda, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni meminta para orang tua untuk memantau aktifitas anak-anak dalam mengakses internet. Bila perlu menurutnya orang tua mengecek riwayat situs yang dibuka oleh anak pada malam hari setelah anak-anak tidur. Peran orang tua sangat signifikan agar anak menggunakan internet untuk hal yang positif.

“Jadi ketika anak sudah tidur, cek saja HP mereka, lihat situs apa saja yang dibuka seharian,” kata Bupati Ali Mukhni di Kantornya, IKK Parit Malintang, Rabu (31/8).

Dia mengakui perkembangan dan kecanggihan teknologi semakin tidak bisa dibatasi. Untuk itu orang tua mesti protektif dan jeli agar anak terhindar dari dampak negatif internet, seperti LGBT, pornografi dan kekerasan.

Begitu juga dengan penggunaan media sosial, kata Ali Mukhni, agar orang tua berdiskusi dengan anak mengenai teman yang dikenal melalui akun Facebook, Whatsapp, BBM, dan lain sebagainya.

“Sudah banyak kita baca berita, ada anak yang baru kenal di Facebook, lalu ketemuan kemudian dibawa lari dan mengalami kekerasan seksual. Ini tidak boleh terjadi lagi,” ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa orang tua harus curiga apabila anaknya suka mengurung diri dan mengabiskan waktu berlama-lama bermain internet atau game di dalam kamar. Peran orang tua mengajak anak berdikusi dan buat kesepakatan akses internet apa saja yang boleh dan mana yang dilarang.

“Orang tua harus peka apabila anak sudah berjam-jam tidak keluar kamar, tanyakan kemudian buat perjanjian dengan anak agar menggunakan internet untuk hal positif saja,” tuturnya.

Ia berharap generasi muda Sumatera Barat ke depan adalah generasi yang sehat jiwa raga dan berprestasi. Selain itu juga menjadi narkoba sebagai musuh utama dan tidak terpengaruh perilaku menyimpang yang biasa disebut LGBT.

“Anak adalah titipan Allah, jangan sampai salah dalam mendidik,” pungkas Bupati didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

HA/OLP

 
×
Berita Terbaru Update