Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius Motivasi Calon Pelaut

18 Juli 2016 | 18.7.16 WIB Last Updated 2016-07-18T12:00:06Z




Wakil Walikota Pariaman Genius Umar lakukan kunjungan hari pertama sekolah ke SMKN 3 Pariaman, Manggung, Senin (18/7). Di sekolah pencetak pelaut tersebut Genius mengatakan pada taruna pentingnya peningkatan potensi siswa, baik fisik dengan peningkatan kedisiplinan agar mudah beradaptasi dlam situasi apapun.

"Karena SMK 3 banyak menghasilkan pelaut handal siap kerja," kata Genius saat PLS (pengenalan lingkungan sekolah) taruna baru.

Sekolah bermotto "lautan tantangan dan sumber kehidupan" dan menjalin kerjasama dengan Lantamal II Padang dan Kodim 0308/Pariaman itu menerapkan disiplin semi militer bagi taruna.

Genius menuturkan pentingnya disiplin dalam membentuk kepribadian para taruna, baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari.

"Saat ini dunia usaha memerlukan orang-orang yang disiplin," sebutnya.

Selain memberikan motivasi kepada taruna baru, dirinya juga mengajak para taruna berdialog langsung tentang alasan mereka memilih SMKN3, semangat belajar serta potensi yang mereka  miliki.

Sementara itu Kepsek SMKN 3 Rafrudin mengatakan bahwa sekolahnya berorientasi dunia kerja. Para siswa dididik agar benar-benar menguasai materi pelajaran sesuai bidang yang mereka ambil.

"Banyaknya tawaran yang didapat siswa usai prakerin menjadikan MoU antara SMKN 3 dengan pihak perusahaan mudah dilaksanakan," kata dia.

Imbuh dia, hampir 90 persen lulusan SMKN 3 Pariaman sudah bekerja di berbagai perusahaan perkapalan dalam negeri.

"Jepang juga menjadi sasaran kita di mana SMKN 3 Pariaman sudah mengirim siswa-siswa  terbaiknya,” tuturnya.

Dikatakan, jumlah peserta didik yang mendaftar di SMKN 3 sebanyak 625 orang, yang telah mendaftar ulang dan mengikuti PLS sebanyak 355 orang.

"Nantinya akan dibagi menjadi 15 kelas dengan 6 jurusan yang ada yaitu, Nautika Kapal Penangkap ikan (NKPI), Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI), Teknik Pendingin dan Tata Usaha (TPTU), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Agribisnis Perikanan (AGP) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)," ungkapnya.

TIM
×
Berita Terbaru Update