Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Catatan: Energi Momentum

14 Juni 2016 | 14.6.16 WIB Last Updated 2016-06-13T23:56:52Z




Hemat saya, kritik massif adalah energi momentum luarbiasa perubahan

Dalam fisika, teori momentum diperlukan untuk penambah daya dari energi dasar. Dengan energi yang sama, daya yang dikeluarkan dengan momentum berkali lipat jadinya.

Mobil xenia dan avanza keluaran pertama nyata benar tiap dindingnya minim momentum. Dengan ketebalan plat tidak lebih 0,8mm jika mendapat tekanan akan langsung remuk. Ruang datar pada mobil itu disebut ruang tanpa momentum. Akan berlipat kekuatannya jika di dindingnya dibuat momentum berupa lipatan (sending). Lipatan-lipatan akan menjadi momentum penguat tekanan meski ketebalannya tetap.

Maksud di atas saya tulis untuk memahami pentingnya energi momentum dalam setiap elemen kehidupan. Kesuksesan adalah momentum saat kesiapan bertemu kesempatan. Untuk mencapai sukses dengan energi momentum diperlukan rangkaian-rangkaian persiapan (disebut energi momentum).

Bulan suci puasa dalam agama Islam adalah momentum besar bagi umatnya untuk meningkatkan ketaqwaan, keimanan, kejernihan hati sekaligus simulasi mentalitas.

Momentum dalam dunia politik adalah segala daya upaya agar terciptanya energi besar guna menempati posisi dalam strata politik. Dalam berpolitik, momentum tidak boleh terputus. Saham politik di alam demokrasi pemilihan langsung berkaitan erat dengan ilmu sosial kemasyarakatan. Masyarakat adalah investasi utama.

Berpolitik dengan gabungan ilmu sosial dan teori falsafat fisika merupakan rumus terbaik. Semuanya terkalkulatif, akurat dan tidak akan meleset.

Jelang Pilkada Pariaman, saya melihat jarang sekali para calon yang menciptakan energi momentum kecuali petahana yang secara tidak langsung adalah orang yang masih mengurus masyarakat. Mereka tiap hari membuat momentum secara tidak sengaja.

Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update