Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Setelah 10 Tahun, Sensus Ekonomi Kota Pariaman Dilaksanakan Tahun 2016

3 Desember 2015 | 3.12.15 WIB Last Updated 2015-12-03T09:15:57Z



Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pariaman melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan sensus ekonomi yang akan dilakukan pada tahun 2016 di Pendopo Rumah Dinas Walikota Pariaman, Kamis (3/11).

Kepala BPS Kota Pariaman, Muhammad Hudayah, mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan langkah awal untuk melaksanakan sensus tahun 2016 agar tercipta pemahaman yang sama mengenai pentingnya pelaksanaan sensus ekonomi.

"Sasaran dari sensus ekonomi pada tahun 2016 adalah semua pelaku usaha yang ada di Kota Pariaman," katanya.

Melalui sensus yang diselenggarakan sekali dalam  sepuluh tahun itu, kata dia akan memberikan gambaran lengkap tentang tingkatan dan struktur ekonomi serta memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi juga mengetahui karakter usaha di Kota Pariaman.

Pelaksanaan sensus ekonomi, imbuhnya, dimulai pada 1 hingga 31 Mei 2016 melibatkan 145 orang tenaga pencacah.

"Dengan tujuan untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi kecuali sektor pertanian, sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan," kata dia.

Sementara itu, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, mengatakan, Pemko Pariaman mendukung penuh sosialisasi sensus ekonomi 2016 tersebut.

Kegiatan itu, kata dia sebagai bagian dari upaya untuk terus memberikan informasi dan pemahaman yang luas tentang sensus ekonomi pada 2016.

"Ini untuk mendapatkan data kondisi ekonomi terkini dari seluruh elemen masyarakat, baik secara individu maupun perusahaan," kata Genius.

Terlebih, imbuh Genius, Kota Pariaman sedang gencar-gencarnya mengembangkan potensi pariwisata. Dengan bertambahnya minat wisatawan ke Kota Pariaman, sebut dia, akan menambah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Pariaman yang akan menjadi data penting sensus ekonomi tahun 2016 ditambah UMKM yang bergerak di bidang kerajinan dan bidang usaha lainnya.

“Diharapkan dengan adanya sensus ekonomi ini  dapat memberikan input data yang akurat menjadi acuan dalam membuat kebijakan bagi Pemerintah Kota Pariaman,” tutupnya.


Angga/OLP
×
Berita Terbaru Update