Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Undang Seluruh Perangkat, Panwascam Patamuan Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

3 Desember 2015 | 3.12.15 WIB Last Updated 2015-12-03T09:32:19Z



Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Patamuan, Kamis (3/12) melaksanakan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bagi aparatur pemerintahan nagari, walikorong serta tokoh masyarakat se kecamatan Patamuan. Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif digelar dalam rangka pengawasan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padangpariaman Tahun 2015.

Ketua Panwascam Patamuan, Darwisman, mengatakan, sosialisasi memiliki arti yang sangat penting dan strategis sebagai wujud tanggung jawab dan kewajiban semua pihak dalam upaya mensukseskan pelaksanaan Pilkada secara langsung, aman dan berkualitas di daerah tersebut nantinya.

“Oleh karena itu, saya harapkan kepada seluruh jajaran aparatur nagari dan walikorong yang lebih dekat dan berhadapan langsung dengan proses pelaksanaan Pilkada di wilayahnya masing-masing, agar dapat mengikuti kegiatan ini secara seksama serta diharapkan pula terwujudnya koordinasi dan saling bertukar pikiran untuk menemukan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi secara preventif,” kata mantan wartawan Harian Padang Ekspres tersebut

Keberhasilan pelaksanaan Pilkada secara serentak yang akan dilaksanakan 9 Desember nanti, kata dia pada hakekatnya dapat diwujudkan jika semua, baik selaku penanunggung jawab penyelenggara, seluruh jajaran pemerintah daerah, DPRD, partai politik, para kandidat beserta pendukungnya maupun seluruh komponen masyarakat dapat memahami dan mencermati secara benar proses demokrasi yang akan berlangsung di daerahnya.

"Untuk kemudian masing-masing dapat menjalankan tugas, fungsi, hak dan kewajibannya guna mendukung dan menjamin kesuksesan pelaksanaan proses Pilkada ini,” ujarnya.

Sementara itu Camat Patamuan yang diwakili Sekcam Yoserizal mengapresiasi kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partsipatif yang digelar Panwascam Patamuan yang melibatkan aparatur nagari, wali Korong serta tokoh masyarakat untuk sama-sama mengawasi jalan Pilkada serentak.

Artinya, kata dia, tidak hanya pengawas pemilu yang mengawasi jalannya pemilu, namun juga dituntut keterlibatan aparatur nagari, walikorong dan masyarakat mengawasi pemilu kepala daerah serentak.

Pada kesempatan itu camat mengajak walinagari dan walikorong untuk mendorong masyarakatnya menggunakan hak pilihnya di TPS pada tanggal 9 Desember 2015. Serta ikut berpatisipasi mengawasi jalan proses pemungutan suara di TPS dalam wilayah kerjanya.
"Sehingga pemilu berkwalitas dapat diwujudkan," kata dia.

Sedangkan Kapolsek VII Koto Sungai Sarik AKP Syafruddin mengajak penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan baik itu PPK, PPS dan KPPS serta Panwascam, PPL dan Pengawas TPS untuk dapat bekerja sesuai aturan yang berlaku.

"Polri yang pasti akan membantu tugas-tugas pengamanan diseluruh TPS, agar pelaksanaan pemilihan dapat berlangsung sesuai aturan berlaku. Mulai pemilihan pukul 07.00 Wib dan berakhir pukul 13.00 Wib. Rangkaian proses pemilihan di TPS akan diawasi secara langsung oleh pengawas TPS,” papar Syafruddin.

“Olehnya itu, Saya mengajak kita semua untuk marilah sama-sama melakukan persiapan dan memantapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Pilkada yang tinggal hitung hari lagi akan kita hadapi bersama,” ajaknya.

“Berikanlah pemahaman, pengertian dan motivasi yang baik kepada masyarakat untuk berpartisipasi, baik di dalam menggunakan hak pilihnya maupun di dalam menjaga kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pilkada nanti,” tandasnya. 


TIM
×
Berita Terbaru Update