Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Usai Upacara Hari Pahlawan, Mukhlis Langsung Tabur Bunga ke TMP Rawang

10 November 2015 | 10.11.15 WIB Last Updated 2015-11-10T14:16:58Z



Pemerintah Kota Pariaman melakasanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2015 yang dilaksanakan di lapangan upacara Balaikota Pariaman, Selasa(10/11).

Bertindak sebagai inspektur upacara Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, dihadiri Wakil Walikota Genius Umar, unsur Muspida Pariaman, SKPD dan Camat se-Kota Pariaman serta segenap undangan lainnya.

Upacara diikuti oleh seluruh PNS di lingkungan Pemko Pariaman, Polres Pariaman dan Kodim 0308 Pariaman.

Mukhlis Rahman mengingatkan peringatan hari pahlawan tahun 2015 mengusung tema “semangat kepahlawanan adalah jiwa ragaku” Makna dari tema tersebut ungkapnya adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan, yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

“Peringatan Hari Pahlawan tahun 2015, difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang,” tutur Mukhlis.

Menurut dia, saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi tantangan persatuan, keutuhan dan produktifitas bangsa. Mulai dari terjadinya konflik intoleransi antar umat beragama, berkembangnya faham radikalisme, tawuran antar kampung maupun antar pelajar, maraknya penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak dan perempuan dan sebagainya.

"Keadaan ini jauh dari apa yang di cita-citakan dan diperjuangkan oleh para pendiri bangsa yang telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada kita semua," tambahnya.

Kata Mukhlis, langkah besar yang telah dilakukan Bapak Bangsa seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Wahid Hasyim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Mudzakkir, Agus Salim, Abikusno Tjokrosoeyoso, AA Maramis dan Ahmad Subarjo yang terhimpun dalam Panitia Sembilan  BPUPKI.

"Mereka telah mewariskan lima norma dan nilai-nilai yang kemudian menjadi Pancasila sebagai dasar negara, sebagai ideologi pemersatu bangsa, juga sebagai spirit kegotong-royongan dalam bermasyarakat dan bernegara," tambahnya lagi.

Dengan momentum hari pahlawan Mukhlis mengajak agar kita semua satukan langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimisme sebagai warga bangsa, untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi negara maju dan bermartabat.

Selesai upacara rombongan langsung menuju ke Taman Makam Pahlawan Pariaman untuk melaksanakan acara tabur bunga.


TIM
×
Berita Terbaru Update