Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Daya Tampung Terbatas, Calon Santri Nurul Yaqin Membludak

10 Agustus 2015 | 10.8.15 WIB Last Updated 2015-08-10T08:47:44Z




Bangunan semipermanen yang digunakan sebagai asrama putra santri baru Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan, Pakandangan, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat.


Pondok Pesantren Nurul Yaqin, Pakandangan, Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padangpariaman, Propinsi Sumatera Barat  tahun 2015 terpaksa menolak hampir sepertiga peminat calon santrinya  yang mendaftar.  Sekitar 100 orang pendaftar calon santri Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan tahun 2015 ini terpaksa batal menjadi santri. Alasannya, daya tampung fasilitas yang ada di Pesantren Nurul Yaqin hanya mampu menampung 200-an orang santri baru. Sedangkan yang melamar mencapai 330 orang .

Ketua Yayasan Pembangunan Islam El Imraniyah (PYII) Ringan-Ringan Drs. Idarussalam Tuanku Sutan,  di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan, Senin (10/8/2015),  mengakui adanya lonjakan pendaftaran calon santri ke Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan tahun ini. “Tingginya peminat ke Pesantren Nurul Yaqin ini menjadi tantangan yang harus dihadapi  Yayasan dan pengasuh dalam menyiapkan sarana prasarana santri,” kata Idarussalam.

“Di satu sisi terjadinya lonjakan ini merupakan hal yang menggembirakan. Kepercayaan masyarakat terhadap Nurul Yaqin semakin besar menyerahkan pendidikan dan masa depan anak-anaknya. Namun, disisi lain menuntut adanya penambahan sarana prasarana pendukung, terutama asrama dan ruang belajar. Untuk menampung santri baru putra tahun ini dibangun asrama semi permanen 16 x 40 meter. Asrama ini ditempati santri baru putra,” kata Idarussalam yang juga Kepala BKD Kabupaten Padangpariaman ini. 
  
Idarussalam berharap adanya pembangunan ruang belajar,  asrama dan sarana ibadah (musalla) yang memadai. “Bagi dermawan yang ingin menyumbangkan sebagian hartanya membangun fasilitas tersebut , sangat diharapkan. Bantuan yang diberikan pasti sangat berarti dalam menyiapkan generasi masa depan bangsa,” katanya.  

Tim Penerimaan Seleksi Penerimaan santri Baru Nurul Yaqin Syekh Muda Muhammad Rais Tuanku Labai Nan Basa, Senin (10/8/2015), di kantornya menyebutkan, jumlah pendaftar calon santri baru dua gelombang mencapai  330 orang. Sedangkan yang diterima hanya 235 orang.  

Dikatakan, bagi mereka yang tidak bisa lagi tertampung di Nurul Yaqin Ringan-Ringan disarankan/direkomendasikan kepada cabang-cabang Pondok Pesantren Nurul Yaqin yang dikelola oleh alumni Pesantren Nurul Yaqin sendiri di Kabupaten Padangpariaman. Yakni di Pesantren Bustanul Yaqin di Punggungkasiak, Kecamatan Lubuk Alung, Pesantrenn Nurul Yaqin Sungai Abang, Kecamatan Lubuk Alung, Pesantren Aswaja Limpato Kecamatan VII Koto, Pesantren Nurul Yaqin Surau Batu Gadur, Kecamatan VI Lingkung dan Nurul Yaqin Ambung Kapur.

“Memang tidak semua yang direkomendasikan tersebut bersedia masuk pesantren di cabang Nurul Yaqin itu. “Kita memang ingin semuanya dapat nyantri di Nurul Yaqin Ringan-Ringan ini. Tapi kapasitas asrama dan ruang belajar yang tidak memungkinkan untuk menerimanya,” katanya

Dikatakan, pada pendaftaran gelombang pertama dibuka mendaftar 119 orang dan diterima 94 orang. Meski jadwalnya  dipersingkat beberapa hari, tapi tetap saja banyak yang mendaftar.  Pada gelombang kedua, mendaftar 210 orang, hanya diterima 135 orang, ditambah 4 orang cadangan. (tim)  



×
Berita Terbaru Update