Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Minat Baca dan Fenomena Facebook Dikalangan Pelajar Sekolah

9 Februari 2014 | 9.2.14 WIB Last Updated 2014-02-09T13:26:33Z




Pelajar menghadapi tantangan yang berat dalam meningkatkan minat baca dan menulis akibat gencarnya teknologi informasi. Rendahnya minat baca dikalangan pelajar juga dipicu penguasaan teknologi informasi  yang tidak tepat sasaran.
Demikian terungkap dalam pelatihan menulis yang diikuti siswa dari 3 SLTA di Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padangpariaman, Minggu (9/2/2014), di SMA 1 Sungai Limau. Pelatihan diberikan penulis buku/wartawan Armaidi, Penasehat Ikatan Keluarga Alumni Pelajar Sungai Limau (IKAPS) Amir Azli, Pimpinan Redaksi Surat Kabar Suara Piaman Gusti Hidayat SH, dihadiri Wakasek Bidang Kesiswaan SMAN 1 Sungai Limau Yanuar. Sedangkan peserta berasal dari SMAN 1,   SMK dan MAN di Kecamatan Sungai Limau.
Menurut Armaidi, gencarnya penggunaan internet di kalangan pelajar tidak saja memberikan kemudahan bagi pelajar, namun juga cenderung menurunkan minat baca dan menulis di kalangan pelajar.  Banyak waktu pelajar digunakan untuk internet hanya sekedar facebook-an.  Tidak banyak facebook digunakan untuk meningkatkan minat baca dan mendorong pelajar untuk bisa menulis.
“Bayangkan  ada pelajar menghabiskan waktunya berjam-jam hanya untuk facebook. Apalagi dengan adanya paket-paket murah internet, nyaris waktunya untuk facebook. Tidak mengherankan jumlah pengguna facebook di Indonesia terus meningkatkan tajam. Terutama di kalangan pelajar,” tambah Armaidi.
Disamping itu, kata Armaidi, tidak ada lagi kewajiban pelajar membaca buku sastra yang banyak berisikan nilai-nilai humanis yang disampaikan oleh penulisnya. Jika di negara tertentu, setiap tingkat sekolah, terutama sekolah menengah atas, masing-masing pelajar diwajibkan membaca beberapa buku sastra. Sehingga tamat sekolah, pelajar tersebut sudah membaca sejumlah buku sastra yang bernuansa nilai-nilai kehidupan.
Usai pelatihan, pelajar langsung praktek menulis berita singkat. Masing-masing dipandu oleh Armaidi, Amir Azli dan Gusti Hidayat dengan materi teknik menulis berita, teknik menulis artikel dan penulisan puisi.
×
Berita Terbaru Update