Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kita Dan Fenomena Alam Yang Saling Berkaitan

20 Desember 2013 | 20.12.13 WIB Last Updated 2013-12-21T14:07:23Z





"Kamu kenapa?" kata seorang kawan.

Entahlah, sebulan belakangan ini saya sering demam. Kadang meriang kalau malamnya. Jawab saya.

"Sudah berobat?" lanjutnya.

Berobat belum. Tapi beli obat sudah. Jawab saya lagi.

Perubahan cuaca tidak hanya terjadi di Pariaman ini. Orang banyak tercengang dengan banjir besar beberapa hari lalu melanda sebagian Kota Pariaman.

"Satu drum minyak tanah milik kedai itu hingga kini belum ketemu akibat dilarikan arus banjir malam itu," Kata Tobing, menunjuk sebuah kedai diseberang jalan.

Perubahan cuaca selalu di iringi dengan beberapa penyakit musiman. Paling sering dikala hujan adalah Influenza seperti yang saya rasakan saat ini. Kemarin waktu main ke pasir pauh, kampung saya, Devi Kumar dan Ujang Fernandes juga mengalami demam yang sama dengan saya.

"Udah hampir sebulan saya demam. Udah obat kampung dan obat apotik saya minum tak jua sembuh," Kata Devi.

"Jimat dan Pagar badan yang saya pakai rupanya tak bekerja," seloroh devi.

Dibelahan dunia lain seperti Mesir, Israel, Lebanon, Suriah, Palestina, hingga Vietnam kawasan Asia Tenggara mendapati fenomena alam yang sangat ganjil, yaitu hujan salju. Suhu disana diperkirakan dibawah 0 derajat celcius, demikian berita yang saya baca.

Seperti kita ketahui bersama kawasan Timur tengah dan Asia Tenggara adalah penganut dua musim. Beda dengan Eropa dan kawasan Amerika Utara. Fenomena ganjil ini sekarang sedang diteliti oleh beberapa ilmuan. Apapun kesimpulannya nanti, saya yakini kedepannya akan terus terjadi fenomena alam ganjil lainnya. Dunia memang penuh misteri. Hujan Ikan, Hujan Kodok, hingga Hujan Batu Es hingga kini masih jadi bahan perdebatan panjang oleh kalangan ilmuan dengan berbagai teori.

Dengan semakin 'anehnya' gejala alam, gejala lainnya juga demikian, khususnya bidang Politik. Di Indonesia. Ratu Atut mohon tidak ditahan KPK dengan alasan ia lagi sakit perut, kata pengacaranya. Dan Anehnya ketika ia melakukan dugaan korupsi ia selalu sehat dan ceria. Manusia memang mencari nikmat dan menghindari sengsara. Otak manusia memang di disein demikian oleh Sang Maha Pencipta yang wajib kita percayai. Di Jepang, Gubernur Tokyo, langsung mengundurkan diri karena ketahuan meminjam uang kepada seorang pengusaha. Ia jelas tidak Korupsi sebagaimana kasus yang dituduhkan kepada Ratu Atut yang sekarang mendekam di rutan pondok bambu itu.

Semakin aneh perilaku manusia, saya yakin alam akan menunjukan fenomena yang lebih aneh lagi. Kenapa? Karena saya percaya saja.

Catatan Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update