Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Meskipun Dipusatkan di Kota Pariaman, Tabuik Adalah Pesta Budaya Milik Semua Rang Piaman

8 November 2013 | 8.11.13 WIB Last Updated 2013-11-08T04:45:07Z
                   Miniatur Tabuik di Rumah Museum Tabuik Subarang



Pesta Budaya Tabuik 2013 dimulai dari tanggal 5 hingga 17 November, bermacam prosesi dan ritual yang akan dilakukan hingga hari puncak dimana Tabuik di arak dan dibuang ke laut di iringi dengan menggelar berbagai atraksi kesenian daerah, selain itu juga di meriahkan dengan menggelar bazar, baik di lapangan Merdeka maupun Pasar sentra Produksi Terminal Jati Kota Pariaman.

Tabuik adalah Pesta Budaya masyarakat Pariaman (Kota dan Kabupaten Padang Pariaman) secara keseluruhan baik yang di ranah maupun dunsanak kita di perantauan sebagaimana yang dikatakan Yulius Danil dan Bachtiar Sultan.

Bachtiar mengatakan meskipun sekarang Tabuik Pariaman dananya diambil dari APBD Kota Pariaman, serta Tabuik bernama Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang, namun demikian secara hakikat Tabuik adalah milik masyarakat Pariaman secara keseluruhan, baik Kota Pariaman maupun Kabupaten Padang Pariaman.

"Kita bersyukur Tabuik Anak Nagari Piaman dijadikan kalender Wisata bertaraf Internasional yang anggarannya diambil dari APBD Kota Pariaman. Namun demikian Pesta Budaya Tabuik adalah milik Masyarakat Pariaman secara keseluruhannya, meskipun di namai Tabuik Pasa dan Tabuik subarang serta dari dulu acaranya dipusatkan di Kota Pariaman," Ujar Bachtiar yang biasa dipanggil Aciak.

Lebih lanjut Aciak menekankan pemahaman ini musti di sosialisasikan dengan baik oleh kita bersama agar jangan sampai masyarakat Padang Pariaman berkecil hati.

"Kita musti Sosialisasikan dengan baik pemahaman yang benar tentang hal itu, agar masyarakat Padang Pariaman memahami semuanya dan jangan sampai ada yang mengkotak-kotak kan Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman terkait rasa memiliki Tabuik itu," Imbuhnya.

Senada dengan Aciak, Yulius Danil sependapat dengan hal tersebut. Bahkan Yulius menambahkan kalau dapat Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dilibatkan dalam hal ini.

"Kalau bisa nantinya Pemerintah Padang Pariaman dilibatkan juga, Tapi yang namanya Tabuik Pariaman dari dulunya memang ada dua, yaitu tabuik Pasa dan Subarang serta di pusatkan di Kota Pariaman. Namun secara keseluruhan Pesta Budaya Tabuik adalah Milik Orang Pariaman, Kota dan Kabupaten serta dunsanak kita yang tersebar di perantauan," tutur mantan Ketua DPRD Padang Pariaman ini.

Catatan Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update