Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Masyarakat Kota Pariaman Musti Konsumsi Daging Hewan ASUH

27 November 2013 | 27.11.13 WIB Last Updated 2013-11-27T08:42:33Z




Dinas Pertanian Kota Pariaman melakukan Sosialisasi Pangan Asal Hewan yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) kepada PKK Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kota Pariaman, Rabu (27/11/2013) di Pendopo Rumah Dinas Walikota Pariaman.

Kegiatan dibuka Walikota Pariaman yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Bachrumsyah Bakri dan dihadiri Kepala Dinas Pertanian, Syaiful Rizal, Kapala Bidang Pertenakan, Indra Yani dan para peserta sosialisasi yang umumnya dihadiri oleh kaum wanita.

Bachrumsyah mengatakan, akibat begesernya pola konsumsi masyarakat dari pangan alami ke-pangan hewani (daging) sejak beberapa dekade terakhir, Menyebabkan meningkatnya permintaan terhadap daging.
 
“Tentunya daging yang kita konsumsi itu harus Aman, Sehat, Utuh dan Halal. Jangan asal berebut membeli daging murah, tanpa memperhatikan unsur ASUH. Kalau ini terjadi tentu, akan berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat,” kata Bachrumsyah.

Menurutnya, saat ini banyak masyarakat, yang belum mengerti dan memahami maksud dan tujuan produk hewan yang ASUH tersebut. Makanya Pemko Pariaman mengadakan kegiatan ini, agar masyarakat mengerti dan memahami pangan asal hewan yang ASUH.

Selain itu, katanya, untuk menjamin produk pangan asal hewan yang ASUH Pemko Pariaman sudah melaksanakan pengawasan, pemeriksaan, pengujian standarisasi, sertifikasi dan registrasi produk hewan. Dimana daging yang dipotong melewati Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Pariaman sudah melewati proses tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Syaiful Rizal menyebutkan perserta sosialisasi yang berasal dari PKK ini berjumlah 120 orang dilaksanakan selama satu hari di Pendopo Rumah Dinas Walikota Pariaman.

“Tujuan kegiatan ini salah satunya untuk memberikan informasi tentang bahaya residu antibiotika, hormon dan bahan kimia tambahan lainnya bagi masyarakat dan pentingnya pangan yang ASUH,” kata Syaiful.

Doni Sonipa
×
Berita Terbaru Update