Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mukhlis: Program KB Dan Kesehatan Masyarakat Konsisten Dijamin APBD

25 Oktober 2013 | 25.10.13 WIB Last Updated 2013-10-25T13:42:56Z


Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, mencanangkan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan Tingkat Kota Pariaman tahun 2013, Jum’at (25/10/2013) di Puskesmas Sikapak, Kecamatan Pariaman Utara.

Pencanangan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Walikota sebanyak dua kali sesuai semboyan program KB nasional ‘ayo ikut KB, dua anak cukup’

Kegiatan tersebut dihadiri oleh BKKBN Propinsi Sumbar, Fakrizal Basir, Kepala BP2KB Kota Pariaman, Yutiardi Rivai, Kepala SKPD, Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Ny. Reni Mukhlis, Camat dan Kepala Desa/Lurah, serta para kader PKK se-Kota Pariaman.

Walikota mengatakan, Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan merupakan intensifikasi peran PKK dalam program KB Nasional dan Pembangunan Kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Pelaksanaanya dilakukan dengan lintas sektoral yang terkait di masing-masing daerah.

“Program ini dilaksanakan dalam rangka membangun keluarga yang sejahtera. Meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga untuk mendukung Millenium Development Goals (MDGs),” ujar Mukhlis.
          
Diharapkan, semua yang terkait harus melakukan pembinaan dan pelayanan dengan baik serta menetapkan prioritas-prioritas sasaran di masing-masing Desa/Kelurahan, Melibatkan seluruh tokoh masyarakat, agama dan lembaga swadaya masyarakat yang ada di masing-masing Desa/Kelurahan tersebut agar program ini berjalan dengan baik.

“Pemko Pariaman memberikan perhatian intensif melalui berbagai kebijakan dan program untuk meningkatkan pelayanan  KB dan Kesehatan masyarakat untuk semua golongan dan tingkatan sosial ekonomi. Secara konsisten mendukung ketersediaan anggaran melalui APBD untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” Imbuh Mukhlis.

Kota Pariaman sudah memiliki 6 Puskesmas, 12 Pustu dan 74 Polindes. Selain itu juga tersedia mobil unit pelayanan KB untuk menjangkau wilayah yang jauh dari pusat pelayanan kesehatan dan mobil unit penerangan KB untuk memberikan informasi-informasi program KB dan Kesehatan kepada masyarakat. Tenaga pelayanan mempunyai, 122 Bidan dan 10 Penyuluh KB sebagai tenaga motivator yang dilengkapi  dengan kendaraan roda 2 dan media penyuluhan lainnya.

Sedangkan Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Ny. Reny Mukhlis mengatakan, Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan mulai dari bulan Oktober s/d Desember 2013. Kegiatan difokuskan pada Keluarga Berencana, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kesehatan Lingkungan dan meningkatkan aktifitas posyandu sebagai serana pelayanan kesehatan terpadu yang paling dekat dengan masyarakat.

“Kita berharap dukungan seluruh pihak terutama keluarga dan masyarakat agar prorgam yang kita laksanakan ini bisa berjalan dengan baik dan maksimal dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Reni.

Usai pencanangan Walikota bersama kepala BP2KB, TP-PKK Kota Pariaman melakukan peninjauan pemasangan alat kontrasepsi implan kepada PUS dan penimbangan balita. Pada kesempatan tersebut Walikota juga menyerahkan peralatan KB dan Kesehatan, diantaranya Obgyn Bed sebanyak 1 set untuk Puskesmas Sikapak.

Doni Sonipa
×
Berita Terbaru Update