Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Samek Rayo Pitih Tagang

12 Agustus 2013 | 12.8.13 WIB Last Updated 2013-08-14T15:32:46Z
Kakak beradik. Melly,Putut (suami mega), Mega, Maya dan Mutiara (foto pernikahan.)

             Mega, saat mendampigi Prabowo

Lebaran berbagi Rejeki adalah tradisi Umum umat Muslim di seluruh Indonesia. Tak terkecuali masyarakat Pariaman yang terkenal menjunjung tinggi nilai nilai kekerabatan.

Samek Rayo atau Angpao dalam istilah China paling ditunggu tunggu kanak kanak. Mereka berkoloni bersama teman dengan Istilah Manambang dihari lebaran ini dari Rumah ke rumah minta samek rayo. Samek Rayo pasti, datang dari keluarga terdekat, tetangga dekat. Lalu mereka mengadu peruntungan dengan mengitari kampung. Tak jarang Kanak Kanak ini mengantongi Uang ratusan ribu sekali menambang.

Maya Andayani,SSI,MSI (28) Salah satu Pegawai Bank Mandiri Pusat dan Mega Fitri, SE,(26) Akuntan yang bekerja dan berdomisili di Jakarta, sengaja menyisihkan Uang Zakat dan samek rayo jauh hari sebelumnya. Kakak beradik yang kedua Orangtuanya berdomisili di Desa Pauh Barat (Pasir Pauh) ini Open House selama 2 Hari dirumah Orangtuanya HJ.Arlina (49) dan Mayunis (55) di Pasir Pauh.

"Untuk Keluarga, ada amplop Khusus, seperti Mandeh (saudara Ibu/Ayah), Adik, sepupu." Ujar Maya Andayani, lulusan ITB dan UI ini di rumahnya.

Maya menambahkan untuk anak anak yang datang pada saat Open House semua akan dapat Bagian.

"Semua dapat Bagian samek rayo dalam dua hari Open House. Lebaran ke-3 saya dan keluarga Silaturahmi ke rumah Mertua selama 5 hari di Matur, Agam." Ujar Wanita muda dengan satu Anak ini.

Senada dengan Maya, Mega juga mengagendakan demikian.

"Mega dan Suami musti sampai di Jakarta Hari Minggu, sebab Seninnya sudah Mulai Kerja. Pada Open House dua Hari tersebut, semua yang datang Insya Allah dapat Bagian Samek Rayo dari Mega dan Teta Maya." Tukuk Mega yang menikah awal 2013 kemaren ini menambahkan.

Apa yang dilakukan Maya dan Mega, mendapat dukungan dari Hj. Arlina, Ibu dari kakak beradik ini.

"Saya menyarankan kepada Anak Anak, jangan pernah takut berbagi dan Ikhlas. Rejeki datangnya dari Allah. Melihat Anak-Anak tersenyum dapat samek rayo pitih tagang (Uang Baru) adalah Kebahagian tiada tara bagi Keluarga kami." Terang Arlina tersenyum.

Catatan Oyong Liza Piliang

 
×
Berita Terbaru Update