Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wajah Jokowi yang “wong ndeso” Perlukah Disalon ?

4 Agustus 2012 | 4.8.12 WIB Last Updated 2012-08-04T10:36:07Z



Lucu juga memperhatikan wajah Jokowi yang diperbandingkan dengan Obama,kiriman broadcast BBM (Blackberry messenger) dari teman-2 itu memang membuat hati tergelitik untuk memperhatikan dengan seksama wajah dari calon Gubernur DKI Jakarta yang memenangkan putaran pertama Pilkada tgl.11 Juli 2012 kemarin.


Wajah Jokowi memang wajah “wong ndeso” (= orang desa),sama sekali tidak ada tampang kotanya sama sekali,apalagi kalau lihat dirinya ketawa terlihat sekali lepas tanpa dibuat-buat,berbeda dengan wajah orang kota apalagi para politikus yang tertawanya dibuat-buat atau bahkan cenderung menertawakan rakyat yang miskin,bodoh dan gampang dipermainkan oleh kekuasaan (uang,politik,dll).


Jokowi mempunyai wajah yang apa adanya,tidak ada kesan sering masuk Salon untuk di make-up,mungkin kalau disejajarkan dengan sebuah jabatan,wajah Jokowi itu sebenarnya hanya tampang kelas Lurah saja….! Jadi sangat aneh bila kemudian Jokowi bisa melejit menjadi Walikota Solo dan sekarang menjadi perbincangan di Jakarta serta skala Nasional (bahkan kelas dunia untuk pemilihan WALIKOTA TERBAIK) serta digadang untuk jadi Capres 2014 . Ini mengingatkan cerita “Petruk jadi Ratu” dalam dunia pewayangan,tetapi tentu “Petruk” yang ini lebih “smart” & tidak ngawur seperti Petruk dalam cerita pewayangan tersebut.


Memperhatikan rakyat kebanyakan yang hidup di Indonesia,miskin dan kumuh serta lusuh,itulah representasi dari wajah Jokowi. Inilah yang barangkali membuat rakyat jelata di Jakarta (dan Solo) menyukai Jokowi,tampangnya “menjual banget” untuk rakyat kecil. Beda sekali kalau diperbandingkan dengan wajah-2 mantan Presiden Soeharto, Habibie, apalagi presiden SBY…! Wajah Jokowi mengingatkan wajah Soekarno muda waktu masih di dalam perjuangan awal Indonesia belum merdeka,wajah asli orang Indonesia,namun berkharisma terhadap nasib rakyat kecil. Berbeda dengan wajah Gus Dur yang wajahnya sebenarnya memiliki wajah “kampungan” …Wajah orang kampung sudah ada polesan orang kotanya,pengertiannya wajah orang desa yang sudah hidup di kota walau masih membawa suasana desa. Jokowi benar-2 wajah “wong ndeso”…!


Dengan wajahnya yang unik ini,Jokowi mudah sekali diingat oleh rakyat kecil….!

catatan mania telo freedom writers kompasianer
×
Berita Terbaru Update