Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Saya dan Dokter Muda dan Senandung Erni Djohan

22 Juli 2012 | 22.7.12 WIB Last Updated 2012-07-22T03:23:24Z


Terheran seorang sahabat ketika menemani saya ke suatu acara dipadang, didalam mobil bersenandung lagu lawas nan syahdu yg dibawakan oleh erni djohan, setelah kepulangpun itu lagi lagu yg bernyala dimobil saya bersebab hanya satu kaset itu saja yg ada didalam mobil . dia angkat bicara apa tak ada kaset lain yong? lagunya memang bagus tapi sedari tadi itu keitu saja bolak balik lagunya.. katanya lagi. tape mobil ini memang jadul ,mobil taft diesel ini saya beli memang dalam keadaan sudah bertape begini merk kenwood lawas. tak soal oleh saya bersebab saya hanya suka beberapa lagu saja. saya senang mendengar lagu erni djohon yg tentunya sangat lawas dan barang langka diantara albumnya berjudul teluk bayur, sapu tangan merah jambu,pandainya tuan pula.,suling bambu, dll . entah betul itu judulnya entah tidak.


saya juga senang lagu batak, barat country, barat memories. namun kaset ernie djohan asli ini sangat panjang sejarahnya bagi saya.kecintaan saya pada syair dan suara merdu erni djohan ini berawal ketika saya tinggal dipekanbaru semasa SD medio 80an. kakak perempuan saya sangat candu akan lagu ini. dia putar dimana malam ia akan tidur.


ketika saya beranjak dewasa dibukittinggi medio 90an disekitaran pasar banto ada penjual kaset keliling bergerobak. ia khusus menjual kaset2 bekas saja. tak salah saya membeli dua kaset ketika itu. kalau tak salah ingat selain album erni djohan saya sibat pula album batak panbers. dua buah kaset inilah yg menemani saya merantau kemanapun. bahkan kaset album ernie djohan entah berapa kali saya copy bersebab kusut dan usang dimakan waktu.


pernah diawal pernikahan saya seorang kenalan dokter wanita yg berdomisili dipadang meminjam kaset album erni djohan kepada saya, semula enggan dan berat hati akhirnya saya pinjamkan juga. dia berdinas di RSUD PARIAMAN. itu berkat bujukan dan rayuan mautnya yg membuat saya terkalap..dia berjanji tak lebih dari seminggu dan akan mengembalikan lagi ujarnya ketika itu. namun entah dia lupa atu menganggap kaset itu tak penting bagi saya sebulan tak kunjung diantar ketempat saya..


setelah sebulan lebih kaset ini tak kunjung diantar. saya jemputlah kerumahnya dipadang yg berjarak 50km dari kota pariaman, terkaget ia akan kedatangan saya, ia yg mulanya menyangka kedatangan saya untuk bersilaturahmi sebelumnya sirna setelah saya beritau ikhwal kedatangan saya meminta kaset itu kembali, dan saya terangkan dengan bijak akan sejarah panjang kaset ini kepadanya yg membuatnya menitikkan airmata. ia juga penggemar lagu lawas ini,ia terlambat memulangkan karena menganggap bahwa kaset ini hanya pelengkap saja buat saya bersebab dari tampang saya tak ia nampak kesan melankolis, ia berfikir saya suka lagu dewa,slank,iwan fals dan lagu metal. beribu maaf ia pinta kepada saya dan berjanji akan mengantar sendiri kaset saya ini seminggu paling lama bersebab ia musti mengcopynya dulu ditempat terbaik dikota padang agar kejernihan suara erni djohan dan musiknya tetap prima..


itulah kisah sederhana saya dengan musik . benar nian ia datang seminggu kemudian, ia datang dengan dua kaset yg diberikan kepada saya. yg pertama album yg ia pinjam dari saya ,kemudian sebuah copian album saya. rupanya dokter muda ini mengcopy album ini sebanyak 5buah. ini buat backup saja katanya sembari tersenyum puas dan lega. akan kesamaan minat kami pada senandung ernie djohan ini beujung pula akan persahabatan hingga kini, meski ia sekarang tak berdinas lagi dipariaman sesekali ia sempatkan juga menelpon dan sms saya begitupun sebaliknya saya,. dan senandung erni djohan dimobil saya yg didengar oleh sahabat saya tadi adalah hasil kopian si ibu dokter muda tersebut..


catatan oyong liza piliang
×
Berita Terbaru Update