Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

sketsa hati menjelang bulan suci..

23 Juni 2012 | 23.6.12 WIB Last Updated 2012-07-01T17:20:11Z

bulan suci ramadan hanya menghitung hari mulai hari ini. tak sampai sebulan penuh lagi, sumbing diangka 27 hari kedepan. persiapan saya sebagai pribadi mulai saya matang2kan dari kini-kini.. dan berharap dibulan suci nanti saya dapat menjalankan ibadah ini hendaknya dengan kesucian hati dan mendapat berkah pahala yg murni.kini senja hari ketika saya menulis catatan ini. fikiran saya menerawang kebelakang mengenang tahun2 nan lalu dimana perangai dan tabiat saya sangat jauh nerbeda dari sekarang ini.. preses kematangan pribadi kata beberapa ahli psikologi.. 

kini diusia 36th ini hendaknya saya lebih "bertuhan" dari tahun2 sebelumnya. saya menyadari setiap insan yg lahir kedunia ini untuk mati, tak peduli siapapun , apapun , dan statusnya.. inilah takdir manusia sesungguhnya bahwa kita dilahirkan untuk mati.. yg lahir pasti mati. jadi yg tak pernah lahir tentu tak akan pernah mati pula.. namun dalam sepenggal hidup kita yg singkat didunia ini hendaklah selalu mengupdate diri dari hari kehari agar jadi lebih baik lagi dari sebelum2nya hari..dan meninggalkan sesuatu yg berguna didunia ini kelak disaat kita tiada, banyak sedikitnya ada juga manfaat bagi orang2 yg kita tinggalkan nanti..

saya bukanlah seorang yg alim dan bukan pula orang yg ingkar akan tuhan. namun saya tau akan nilai2 kebenaran dalam hidup ini.. banyak yg mengajarkan saya akan hal itu , ilmu yg bermanfaat sering saya serap dari kehidupan ini..dari setiap pengalaman2 hidup yg selalu saya syukuri meskipun saya tau bahwa pengalaman2 dan tabiat2 saya dulu sangat jauh dari kosakata "orang baik". 


namun karena rasa bersyukurlah saya bisa memetik hikmah dari setiap kesalahan2 yg saya lakukan , sehingga saya belajar dan terus berusaha menjadi pribadi yg rendah hati.. sulit memang , namun bila kita selalu mengingat diri hal tersebut tak serumit yg kita bayangkan sebelumnya.. jangan pernah mendustai kata hati nurani.. demikian yg saya lakukan untuk memperbaiki diri.. hati nurani yg sangat jauh dalam dilubuk hati tidak penah menipu diri..

 dia bukanlah nafsu dan bukan pula akal. dia adalah b'jah yg kalau bahasa arabnya. sangat mudah didengar dan sangat mudah pula terabaikan. namun jika kita mendengarkan b'jah ini niscaya kita akan mendengar suara2 yg sangat suci.. sangat bersih.. dan suara inilah yg musti kita turuti.. dan suara ini datangnya dan di isi oleh sang maha pencipta Illahi..

tulisan ini terhenti pula sesaat ketika saya menjemput istri dan kedu anak kami yg tinggal dirumah kakak saya dan kakak istri. diperjalanan saya melihat proyek pelebaran jalan didekat pedagang kaki lima pasar pariaman yg malam ini masih dikerjakan dan alat2 berat sedang masih beroperasi . kemanakah pedagang kaki lima ini akan dipindahkan kata saya dalam hati... 


semoga saja pemko bijak dalam hal ini, dan tak ada pedagang2 yang tericirkan. sesampai dirumah saya memeriksa raport anak saya yona 8th yg naik kekelas 3. nilainya tak seperti yg dikatakan tetangga saya tadi.. dalam raportnya saya melihat 4buah nilai 8 dan beberpa angka 7 dan 4buah angka enam koma diatas lima.. tak apalah nak.. lebih giat lagi nantinya belajar kata saya menasehati, cemas anak saya ketika memperlihatkan nilai raportnya kepada saya barusan.ketika melanjutkan tulisan ini konsentrasi saya sedikit buyar sebab sikecil bermain2 dengan lasaknya didepan saya.. 

dia sangat lucu dan menggemaskan.. rhamadan bulan suci umat islam menunggu hari.. dan saya berharap dibulan penuh hikmah nanti berlimpah rahmat dan rejeki kepada keluarga kami.. agar kami bisa saling berbagi kepada orang2 yg butuh uluran tangan kami..

catatan oyong liza piliang
×
Berita Terbaru Update