Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

AIR PUTIH..HATI..DAN SEPEDA "INDAK BALAMPU"

14 Juni 2012 | 14.6.12 WIB Last Updated 2012-06-14T05:55:14Z

ketika hati saya resah saya selalu minum air putih..dalam sebuah literatur yg pernah saya baca, bahwa air putih dapat menetralkan suasana hati.. tak jarang kita lihat ketika seseorang dalam keadaan trauma, emosional.. seperti emosinya lagi meninggi tak jarang kita dengar istilah "capek agiah aia putiah".. hal itu juga sering saya katakan. ketika baru2 ini didepan rumah saya ada kecelakaan sepeda motor.. yg dicemaskan anak ini, yg menurut perkiraan saya bukan luka lecet dikakinya, tapi kondisi motor barunya yg lumayan rusak.. stangnya bengkok dan lampu2 didepannya pecah.. anak ini juga tidak memakai helm. dia anak sma yg masih berpakaian seragam sekolah. dan dia bertabrakan dg pengendara motor lainnya yg sudah dewasa.. jika saya tebak umurnya sekitar 40tahunan. wajah anak ini pucat pasi.. yg ia cemaskan adalah apa yg musti ia katakan kepada orangtuanya atas kejadian ini.. mukanya pucat.. ketika saya hampiri saya minta tolong pada seorang tetangga.."tolong ambiak,an aia putiah 2 galeh".. demikian kata saya pada tetangga saya yg umurnya juga dibawah saya. dan anak tersebut saya suruh meminum air tersebut sampai habis dan pada bapak tadi.. tak sampai 5 menit wajah pucatnya anak tadi berangsur2 mulai tenang.. dan saya menyarankan kepadanya supaya menghubungi ayahnya.. dengan sedikit nasehat akhirnya ia memberanikan diri menelpon bapaknya.. beberapa menit kemudian ayahnya pun datang dengan tampang yg menahan emosi bercampur iba melihat anaknya.. "tolong ambiak,an aiah putiah sagaleh lai diak.." pinta saya pada tetangga saya yg tadi juga.. dan saya suruh bapaknya meminum sampai habis.. dan hasilnya? dia tenang.. dan antara dia dan anaknya serta sibapak tadi akhirnya bersepakat berdamai.. dan saya tidak tau lagi bagaimana kelanjutannya.. itulah manfaat air putih..


saya juga orang yg sangat tempramen dulunya.. hingga kinipun masih ada. namun tak separah dulu.. saya mulai belajar melapangkan hati saya.. sebelum saya melakukan sesuatu selalu saya tawarkan hati saya dulu dengan air putih.. hingga saya bisa berfikir jernih dan dapat meredam emosi saya yg meledak2.. beda dengan dulu.. begitu tersinggung, hantam langsung.. dan bila saya ingat perangai saya dulu saya mengibaratkan saya "sapeda indak balampu".. tak jarang pula urusan saya ber "hujut pujut" keranah pidana.. di BAP dikepolisian karena kesalahan saya ketika itu.. namun itu masa lalu yg sangat berharga bagi saya kini, dengan adanya pengalaman dimasa lalu saya bisa memperbaiki diri.. berbenah.. dan yg tak kalah penting melapangkan hati.. dan pelajaran yg sangat berharga yg saya dapatkan dalam hidup ini , bagaimana kita memandang segala sesuatunya dari kacamata positif.. jika dulu, jika saya menelpon teman tak diangkat2 lebih dari 2x.. maka ponsel saya sendiri yg saya "lecutkan" kedinding karena saking kesal dan emosinya.. saya sendiri yg rugi.. dan ketika teman yg saya telpon tak mengangkat2 tadi ketemu kemudian hari.. habislah ia saya maki2.. dasar galadir saya mah..


literatur diatas adalah ilustrasi bagaimana kita mematangkan diri kita sendiri.. kita belajar dari kehidupan ini.. banyak berjalan banyak yg dilihat.. lama hidup banyak pula yang di rasai.. namun dibalik itu semua.. kita jangan pernah menyesali diri kita yg dulu.. segala sesuatu yg terjadi patut disyukuri.. karena dengan rasa bersyukur kita telah berdamai dengan diri kita sendiri.. dan untuk perjalanan hidup kedepan kita tak akan henti2nya menata hati.. ber empati.. rasa saling sayang menyayangi.. dan saling berbagi.. umur hanya ditakdirkan Tuhan hanya sebentar didunia ini.. sianu mati kata pemberitaan ditelevisi.. sekaya2nya dia ujung2nya mati juga.. dan saya sudah mulai memahami dan berdamai dengan diri sendiri.. bahwa kita hidup untuk sebuah alasan.. kita ingin setelah kita tiada nanti, dikenang jua sedikit banyaknya kita punya kontribusi.. dan kini.. saya selalu berusaha menjernihkan hati.. dari hari kehari.. dan "Sepeda indak balampu" benar2 sudah sangat jauh saya campakkan dari garasi hati...

catatan oyong liza piliang


×
Berita Terbaru Update