Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

kita kembalikan mentalitas jurnalis independent dan anti suap WARTAWAN BODREX KELAUT AJA!

21 Mei 2012 | 21.5.12 WIB Last Updated 2012-06-06T05:26:48Z

maraknya kaba dari lapau tentang beberapa oknum jurnalis yang berjuluk bodrex membuat rekan2 sesama jurnalis lainnya instropeksi diri. rudi salah seorang jurnalis kenalan saya membahas hal ini dengan serius.. dia mengakui ada diantara oknum jurnalis demikian yang membuat cemar nama profesi jurnalis. jika mengacu pada kode etik jurnalis dan himbawan dewan pers yang ditandatangani seluruh organisasi kewartawanan , hal ini sangat tidak dibenarkan! apapun alasannya.. profesi yang kita pilih adalah sebuah pengabdian yang mulia,karena dengan pena,kita dapat menggugah,mengubah dan mengontrol kinerja pemerintahan yang dirasa merugikan rakyat.

wartawan jangan sekali2 mengada2kan yang tidak ada, narasumber yang dirahasiakan betul2 ada dan harus diketahui pimpinan redaksi,. dan sinarasumber tersebut juga harus kita lindungi identitasnya.
wartawa yang baik harus berani melawan arus jika itu adalah sebuah fakta.jangan pernah takut bila berita yang kita investigasi adalah suatu kebenaran, demikian kata sahabat saya yang bekerja disalah satu koran prestisius di indonesia.

baca selengkapnya..


fenomena wartawan bodrex ini sampai pula ketingkat pusat kabarnya,, dewan pers tentu akan memberlakukan aturan yg lebih ketat lagi terhadap profesi jurnalis. ulah beberapa oknum nama profesi jurnalis dicemarkan. mereka tak segan2 menutup2i berita yang seharus dan sepantasnya diketahui publik demi uang. konotasinya selalu uang.. mentalitas jurnalis yang baik tentunya memberikan berita yang berimbang dan jelas ilustrasi faktanya. dan jurnalis investigasi harus pula memberitakan setiap skandal 2 yang berkonotasi uang terkait penyelewengan dan penyalah gunaan jabatan. hal itu diperlukan mentalitas jurnalis tersebut. banyak saya temukan wartawan2 yang punya dedikasi tinggi disumbar ini,,dikalangan senior ada bapak nasrul siddik ,martias pandoe,rosihan anwar(alm) dan ada juga beberapa jurnalis muda yang sangat idealis.. umumnya mereka berusaha menggali berita yang dalam sebelum diterbitkan..diantaranya masih jauh lebih muda dari saya,,, dan pemahaman ilmu jurnalismenya patut diacungi jempol!!  WARTAWAN BODREX?? KELAUT AJA !

CATATAN OYONG LIZA PILIANG

×
Berita Terbaru Update