Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dihadiri Andi Cover, Desa Kampung Apar gelar Halal Bihalal ranah-rantau

24 April 2023 | 24.4.23 WIB Last Updated 2023-04-24T06:35:29Z

 


Pariaman - Untuk pertama kalinya masyarakat desa Kampung Apar menyelenggarakan halal bihal yang diikuti oleh masyarakat ranah dan perantauan yang pulang kampung buat lebaran, Minggu (23/4).

Halal bihalal yang dilaksanakan di halaman masjid Raya Kampung Apar ini ditujukan untuk memperkuat tali silaturahmi antara masyarakat yang di kampung serta juga dengan masyarakat perantauan.

Ketua pelaksana, Ari Muanas menjelaskan bahwa halal bihalal ini diikuti tidak hanya untuk masyarakat ranah dan rantau kampung Apar saja, namun juga melibatkan para orang Sumando.

Andri Perantau Kampung Apar yang juga ketua Pagayuban Sukur (Sunur Kuraitaji) kota Batam sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan untuk pertama kalinya ini di Desa Kampung Apar.

Selama ini, kata dia, sarana berkumpul dengan masyarakat atau dunsanak yang di kampung secara keseluruhan  hanya sebatas ketika selesai salat Idil Fitri dan itupun waktunya terbatas.

"Kali ini panitia membuatkan khusus kegiatan yang dapat memberikan ruang untuk saling bercengkrama dengan dunsanak kami yang di kampung," kata dia.

Ia mengaku perantau sangat mendukung acara itu, apalagi pada kesempatan ini juga dapat mendengarkan langsung bagaimana perkembangan pembangunan di kampung, baik fisik maupun program pembangunan masyarakat lainya.

"Harapan tahun depan kegiatan ini bisa lebih kita tingkatkan dan kekompakan masyarakat yang di ranah maupun di rantau dapat terus terbangun dengan baik," terang Andri.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh kepala desa kampung apar Dodi Susandra.

 Ia berharap kesempatan itu jadi momentum menjaga dan menjalin silaturahmi antara ranah dan rantau.

"Keterlibatan ranah dan rantau sangat dibutuhkan dalam membangun masyarakat baik fisik maupun mental masyarakat desa Kampung Apar," ucap dia.

Halal bihalal juga dihadiri oleh Walikota Pariaman yang diwakili oleh Musrifin Nohor, MM selaku Sekretaris Camat Pariaman Selatan.

Pada kesempatan tersebut Nohor juga menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir bahwa pemerintah kota Pariaman melalui kepemimpinan Geniur Umar dan Maddison Mahyuddin telah banyak merealisasikan program pembangunan, baik yang berupa fisik maupun non fisik.

Diantaranya pembangunan Pasar Pariaman, pembukaan jalan-jalan baru, pembenahan kawasan wisata.

Selain itu Nohor juga menyampaikan bahwa Kota Pariaman punya program unggulan yang sangat menarik perhatian secara nasional yaitu pendidikan gratis 12 tahun serta program Satu Kepala Keluarga Satu Sarjana atau yang sering disebut SAGA SAJA.

Selain dihadiri oleh Pemerintah Kota Pariaman, halal bihalal ini juga dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Kota Pariaman Harpen Agus Bulyandi.

Pada kesempatan tersebut Harpen atau sering dipanggi Andi Cover sangat berkesan dengan pelaksanaan  halal bihalal karena tidak hanya menjadi ajang berkumpul namun juga sebagai sarana melihatkan eksiensi generasi mudanya selama ramadhan 1444 H kemaren.

Pada kesempatan itu juga dilakuakan pemberian hadiah kepada sebanyak 33 orang remaja dan pelajar Desa Kampung Apar yang mengikuti program Khatam Tilawah Al Qur'an -  program membaca atau mengkhatamkan bacaan Alquran sampai juz 30 selama bulan Ramadhan.

"Baru kali ini ada bentuk penghargaan bagi mereka yang khatam Al-Qur'an, selama ini perlombaan fokus hanya kepada MTQ dan itu pelaksanaannya sesaat, sedangkan ini kegiatanya dilakukan selama bulan Ramadhan.

Menariknya lagi capaian khatam anak-anak ini tidak hanya 1 kali khatam bahkan ada beberapa yang sampai khatam 3 kali," kata dia.

Semangat mendekatkan generasi muda dengan Alquran, kata dia, juga telah dia lakukan dengan menghadirikan sebuah rumah Tahfizh yang bernama Rumah Tahfizh Fastabiqul Khairat yang diperuntukan untuk anak-anak pariaman dan  bahkan setiap anak diantar jemput secara gratis.

Dan Andi juga menyampaikan kepada masyarakat yang hadir bahwa beliau akan menjadikan rumah dinas ketua DPRD untuk kegiatan-kegiatan kemasyarakat diantaranya juga untuk program tahfizh dan program kepemudaan lainya.

Sebagai bentuk dukungan pada kegiatan yang dilakukan oleh pemuda desa kampung apar ini, ia memberikan bantuan donasi untuk hadiah bagi peserta khatam Al-Qur'an tersebut.

Rangkaian acara halal bihalal ditutup dengan kegiatan badoncek untuk pembangunan Masjid Raya Kampung Apar.
 (*)

×
Berita Terbaru Update