Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Terima gelar profesor di Korea, Genius teken kerjasama dengan Walikota Goesan

16 Maret 2023 | 16.3.23 WIB Last Updated 2023-03-16T12:38:34Z

 


Goesan County - Walikota Pariaman, Genius Umar teken kerjasama dengan Walikota Goesan County, In Hyun Song untuk kerjasama kedua daerah berbeda negara, Goesan County, Provinsi Chungcheong Utara, Korea Selatan, Kamis (16/3).

Kerjasama dua kepala daerah dari dua negara ini juga mengatasnamakan Pemerintah Kota Pariaman, Indonesia dengan Walikota Goesan County, In Hyun Song, atas nama Pemerintah Goesan County, Korea Selatan

Goesan County merupakan daerah pertanian hidroponik terbaik di dunia. Perjanjian bidang bisnis dengan Pariaman untuk memperluas ekspor Indonesia di bidang pertanian, makanan laut dan pangan ke Indonesia, khususnya Kota Pariaman.

“Kota Pariaman terletak di pesisir barat Pulau Sumatera yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Dengan potensi tersebut Pemerintah Kota Pariaman sangat konsen mengembangkan pariwisata khususnya wisata bahari,” ujar Genius Umar.

Dengan adanya kelebihan tersebut, kata Genius, Kota Pariaman mempunyai hasil laut yang melimpah dan tanah yang subur. Sektor pertanian juga menjadi sektor andalan Pariaman dengan hasil pertanian yang yang beragam. Mulai dari padi, jagung dan kelapa.

"Pariaman juga memiliki pantai yang indah dengan sunset terindah di Indonesia dihiasi beberapa pulau kecil yang masih asri dan layak untuk dikembangkan. Kita juga punya alam bawah laut yang indah, laut yang masih bersih, terumbu karang yang indah, sangat memungkinkan untuk dijadikan spot diving dan snorkeling," katanya dalam pertemuan tersebut.

Selain itu, ditambahkannya, Kota Pariaman memiliki atraksi budaya Hoyak Tabuik untuk memperingati tahun baru Islam yang dihadiri hingga 200 ribu pengunjung.

Di samping itu, imbuh Genius, Kota Pariaman bahkan memiliki potensi industri pengolahan ikan. Tidak hanya pariwisata dan potensi perikanan, Kota Pariaman juga sangat fokus pada pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia dengan program pendidikan gratis 12 tahun dan program satu keluarga satu sarjana (Sagasaja).

Sebelum pertemuan dengan Walikota Goesan County, Genius bersama rombongan menyempatkan diri mengunjungi beberapa universitas di Busan, seperti Pukyong National University, Kaya University untuk kerjasama dalam bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia.

Dengan adanya kunjungan tersebut Genius berharap akan terjalin kerjasama yang erat antara kedua pemerintah, terutama dalam bidang pariwisata  dengan saling bertukar wisatawan dan mempromosikan pariwisata.

"Selain itu kita juga bisa mencontoh model tata kelola dan pembangunan yang efektif dan efisien dari pemerintah Goesan County sehingga bisa kita terapkan pada pemerintah Kota Pariaman,” ucapnya.

Masih dalam lawatan yang sama, Genius Umar telah mendapat anugerah gelar Profesor dari Junwoong  University.

"Sekalian kita mengundang Walikota Goesan serta pejabat yang ada untuk datang ke kota Pariaman pada momen Festival Budaya Tabuik yang akan dilaksanakan minggu pertama bulan Agustus tahun 2023 ini," tutupnya. (Juned/*)

×
Berita Terbaru Update