Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sebanyak 48 mahasiswa Unand gelar MBKM di Kota Pariaman

20 Maret 2023 | 20.3.23 WIB Last Updated 2023-03-20T13:19:29Z

 


Pariaman - Sebanyak 48 mahasiswa Universtas Andalas (Unand) didampingi 13 dosen pendamping mengikuti merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) di Kota Pariaman, Senin (20/3).

Kedatangan mereka disambut oleh Sekdako Pariaman, Yota Balad di Balaikota Pariaman. Dengan adanya program MBKM Unand, Yota Balad berharap para mahasiswa menerapkan ilmu yang mereka pelajari kepada masyarakat Pariaman.

"Selama pembaktian di tengah masyarakat bisa menerapkan ilmu yang dipelajari," kata Yota.

Yota Balad menegaskan agar mahasiswa yang mengikuti MBKM di empat desa dan satu kelurahan di Kota Pariaman itu mampu mengenal kehidupan sosial yang sebenarnya di luar kampus agar pengalaman yang didapat menjadi bekal untuk mereka ke depannya.

“Kami menerima para mahasiswa di lobi ini sambil berdiri juga sebagai latihan bagi mereka untuk bagaimana berdiri di tengah-tengah masyarakat nantinya. Adik-adik mahasiswa kiranya dapat menjadi apa yang diharapkan pada logo almametrenya Unand, yaitu pohon beringin dan lilin,” katanya.

Lulusan STPDN ini mengatakan bahwa mahasiswa hendaknya menjadi pohon beringin yang meneduhkan, mengayomi dan memberikan angin segar kepada masyarakat. Begitupun simbol lilin yang berarti penerang dan memberi cahaya.

"Kepala desa dan lurah dimana para mahasiswa ini akan melaksanakan MBKM saya harap bisa membantu dan memberikan pelayanan yang baik kepada mereka dan menerangkan apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan sesuai dengan budaya dan kearifan lokal yang kita punya," pungkasnya.

Kepala UPT Pembelajaran di Luar Kampus Unand, Syofyan menjelaskan MBKM merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristekdikti) yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja dan masyarakat.

“Ada 8 program di MBKM ini, dan dua diantaranya membangun desa dan asistensi mengajar yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa kita yang bertugas selama empat bulan di Kota Pariaman ini,” terangnya.

Lektor Kepala Fakultas Farmasi Unand ini juga menjelaskan ada satu kelurahan dan empat desa tempat melaksanakan MBKM bagi mahasiswa Unand, yaitu Kelurahan Alai Gelombang, Desa Palak Aneh, Desa Punggung Ladiang, Desa Marabau, dan Desa Padang Cakur. (Juned)

×
Berita Terbaru Update