Tekan angka stunting, Mardison canangkan desa binaan Pauh Kuraitaji Persagi

 

Foto: Erwin

Pariaman - Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin canangkan Desa Binaan DPC Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Desa Pauh Kuraitaji pada HUT Hari Gizi Nasional ke-63 di Kuraitaji, Selasa (14/2). HUT HGN Nasional 2023 sendiri bertemakan cegah stunting dengan protein hewani.

Pencanangan Desa Kuraitaji sebagai desa binaan Persagi Kota Pariaman ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng oleh Mardison.

Mardison mengatakan, peran ahli gizi sangat penting kehadiranya di tengah masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat karena pemenuhan gizi merupakan hak bagi setiap orang dan salah satu cara untuk mengatasi stunting.

Dikatakannya, kasus stunting saat ini telah menjadi program prioritas nasional sesuai Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. Oleh karena itu semua stakeholders harus bekerjasama dan berkomitmen untuk mencegah masalah stunting tersebut.

"Yang melatarbelakangi terjadinya kasus stunting adalah kurangnya gizi pada anak. Dimulai pada saat ibu mengandung sampai bayi berusia dua tahun harus mendapat asupan gizi yang memadai dan sesuai kebutuhan," katanya.

Selain itu pemenuhan imunisasi lengkap kepada anak juga wajib untuk meningkatkan imunitas balita melawan virus dan bakteri dalam tubuh yang bisa mengganggu tumbuh-kembang anak.

"Jika kita secara rutin memeriksa kesehatan anak, insya Allah anak akan menjadi sehat dan kuat, terjauh dari masalah stunting," katanya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Satri Yerlina mengatakan berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022, angka stunting di Kota Pariaman mengalami penurunan sebesar 16 persen.

Selain dari data SSGI, data rutin dari pelaksanaan Posyandu atau hasil pertimbangan massal, dari 39 anak di Desa Pauh Kuraitaji sebanyak 22 anak berisiko stunting.

"Semoga dengan dibentuknya desa binaan oleh Persagi Kota Pariaman bisa menekan angka tersebut menjadi zero kasus," katanya.

Pencanangan desa Binaan Persagi diisi dengan penyuluhan tentang pemberian makanan bayi dan anak, penimbangan massal, pemberian tablet cacing, pemberian kapsul vitamin A, dan pemberian makanan tambahan (PMT) yang disediakan oleh DPC Persagi Kota Pariaman yang merupakan contoh dari PMT penyuluhan. (Erwin)