Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tanpa anggaran, Genius kembali buka jalan penghubung dua desa di Pariaman Utara

13 Februari 2023 | 13.2.23 WIB Last Updated 2023-02-13T12:20:19Z

 

Foto: Junaidi

Pariaman - Pemko Pariaman kembali membuka jalan tanpa menggunakan anggaran pemerintah di Desa Cubadak Air Utara menghubung ke Desa Sungai Rambai di Kecamatan Pariaman Utara.

Badan jalan yang dibuka memiliki panjang 1 kilometer yang berfungsi untuk meningkatkan mobilitas orang dan barang dari kedua desa tersebut.

Jalan yang dibuka merupakan aspirasi dari masyarakat sendiri. Jalan ini juga berdekatan dengan Unit Pelaksana Teknis Balai Penyuluhan Pertanian (UPT-BPP) Pariaman Utara.

Dari tahun 2020 lalu sudah ada 20 ruas jalan yang dibuka tanpa menggunakan anggaran dari kantong pemerintahan di berbagai wilayah Kota Pariaman. Dan hampir seluruhnya mendapatkan dukungan masyarakat yang dengan sukarela memberi hibah tanahnya.

"Dengan semangat gotong royong dan kepentingan umum, masyarakat semangat menghibahkan tanahnya. Hal semacam ini sudah kita mulai sejak 2020," kata Genius Umar di lokasi pembukaan jalan, Minggu (12/2).

Tidak sampai dengan menghibahkan tanah, partisipasi masyarakat yang berusaha merubah wajah desanya, juga bisa dilihat dengan aktifnya mereka melakukan gotong-royong membuka jalan yang dibantu alat berat milik Pemko Pariaman.

"Hal ini terwujud karena kekompakan masyarakat dan pemerintah, sesuai dengan filosofi Kota Pariaman, Sabiduak Sadayuan," sambung Genius.

Pembukaan jalan dimulai dari pengerukan menggunakan alat berat, kemudian meratakan hingga pengerasan. Sedangkan untuk pengaspalan, Genius berjanji akan mengusulkan penganggarannya. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update