Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Compos Day, warga Nareh olah sampah jadi pupuk kompos

27 Februari 2023 | 27.2.23 WIB Last Updated 2023-02-27T12:40:55Z

 


Pariaman - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kota Pariaman melakukan gotong royong bersama sekaligus pemilahan sampah untuk pembuatan kompos di Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di Desa Balai Nareh, Pariaman Utara, Minggu (26/2).

Kepala Dinas Perkim LH Kota Pariaman, Feri Andri mengatakan pemilahan sampah merupakan tindak lanjut dari program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun perihal Gerakan Nasional Compos Day - Kompos Satu Negeri.

“Kegiatan Compos Day ini dilakukan selama satu hari pada hari Minggu (26/2) secara serentak di seluruh Indonesia termasuk kita, Kota Pariaman,” kata dia.

Sampah yang dipilah bersumber dari masyarakat. Baik sampah rumah tangga, warung dan tempat umum lainnya untuk dijadikan pupuk organik.

Selain itu, kata Feri, pihaknya juga mengajarkan kepada masyarakat cara memilah sampah, mengumpulkan serta melakukan pengolahan sampah yang langsung dilakukan di TPS3R Balai Naras.

"Penanganan sampah merupakan tanggung jawab kita semua," imbuhnya.

Feri berharap Compos Day bisa menjadi momentum yang baik untuk menuntaskan masalah sampah di Kota Pariaman dengan partisipasi aktif dari masyarakat.

Hadir juga dalam kegiatan ini Kadis Perindagkop Kota Pariaman, Alyendra, Kalaksa BPBD, Azman, Kepala BPKPD, Buyung Lapau, Plt. Kadis PUPR dan Pertanahan, Nopriyadi Syukri dan Plt. Kadis DPMDes, Yalviendri. (Rika/OLP)

×
Berita Terbaru Update