Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dirikan dapur umum, Genius juga bagi sembako di sejumlah desa terkena banjir

24 Januari 2023 | 24.1.23 WIB Last Updated 2023-01-24T10:49:29Z

 

Foto: Dewi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar tinjau seluruh desa yang terkena dampak banjir akibat hujan deras sepanjang Senin hingga dinihari, Selasa (24/1).

Akibat tingginya curah hujan, sejumlah sungai yang ada di Kota Pariaman meluap karena sungai-sungai di Pariaman juga menerima air kiriman dari Kabupaten Padangpariaman yang juga mengalami hujan sepanjang hari.

"Mulai pagi kita meninjau desa-desa terdampak banjir. Kita bawa beras untuk dibagikan kepada warga terdampak," kata Genius Umar.

Dikatakan Genius, sejak semalam ia telah menerima laporan dari warga dan petugas BPBD akan potensi dan dampak tingginya curah hujan yang merata dari hulu ke hilir. Sejak malam, Genius langsung turun ke lapangan untuk memastikan kondisi dan keamanan warga di daerah terdampak.

“Hal itulah yang menyebabkan terjadinya banjir di beberapa titik di Kota Pariaman. Pagi ini kita langsung meninjau warga dan lokasi yang terkena dampak banjir dan berikan bantuan berupa beras dan mie instan ke beberapa daerah yang parah, antara lain Desa Desa Cubadak Air, Desa Sikapak Barat, Desa Cimparuah dan Desa Toboh Palabah,“ kata Genius Umar.

"Sejak semalam kita sudah siaga. Saya ditemani Tagana dan BPBD langsung meninjau lokasi, kemudian langsung mendirikan dapur umum di halaman Balaikota Pariaman," imbuh Genius.

Selain melakukan peninjauan lokasi terkena banjir, Genius juga menyempatkan diri melakukan pemeriksaan penyebab terjadinya banjir yang banyak merendam rumah warga.

"Kita juga mencari tahu penyebab terjadinya banjir karena apabila penyebabnya ditemukan penyumbatan terhadap drainase, kita langsung bicarakan dengan dinas terkait agar melakukan pembersihan sehingga apabila terjadi hujan dengan curah yang tinggi, warga kita tidak akan terkena banjir lagi,“ ujarnya.

Sampai saat ini, Genius masih menunggu informasi lanjutan jika ada desa atau kelurahan yang parah namun belum mendapatkan bantuan.

Disamping itu, Genius Umar kembali mengingatkan kepada seluruh warga agar tetap waspada dan berhati - hati karena anomali cuaca di awal tahun ini. (Dewi/OLP)

×
Berita Terbaru Update