Ajak ke lapangan, ini yang diusulkan Genius kepada Komisi V DPR RI

 

Foto: Desi

Pariaman – Walikota Pariaman, Genius Umar mengajak Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Iqbal, meninjau ke sejumlah lokasi di Kota Pariaman, Kamis (19/11).

Muhammad Iqbal yang memang sedang melakukan kunjungan kerja di Kota Pariaman itu diajak Genius Umar meninjau Pasar Pariaman yang masih belum memiliki pasar basah memadai dan butuh bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat.

Dikatakan Genius Umar, Kota Pariaman membutuhkan pasar basah yang terhubung dengan pasar rakyat menggunakan jembatan layang agar memudahkan masyarakat, sekaligus untuk meningkatkan perekonomian Kota Pariaman.

Proposal untuk itu sebelumnya sudah disampaikan Genius Umar kepada kementerian terkait, dan ia berharap segera terealisasi tahun 2023 ini.

“Jika proposal pembangunan pasar basah ini disetujui, pembangunannya akan segera kita laksanakan karena akan sangat berdampak sekali pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Genius.

Setelah meninjau pasar, rombongan Komisi V DPR RI diajak Genius Umar melewati jalan baru yang dibangun lewat swadaya masyarakat mulai dari Desa Manggung, Desa Nareh, Balai Nareh, Nareh Hilia hingga ke Padang Biriak-Biriak. Kawasan non budgeter itu dibangun di sepanjang pantai bagian Utara Kota Pariaman.

Akses jalan yang dibuka tersebut, kata Genius, guna menunjang infrastruktur pariwisata Kota Pariaman yang saat ini tengah berkembang di Sumatra Barat. Pembangunan itu terwujud atas dukungan dari masyarakat yang ikhlas menghibahkan tanahnya demi pembangunan.

"Jalan dari pinggir pantai dari Pantai Manggung kemudian terhubung hingga Pantai Belibis Desa Padang Biriak Biriak akan tersambung satu dengan lainnya sehingga akan memunculkan destinasi wisata baru," terangnya.

Selanjutnya Genius juga mengajak rombongan bertolak menuju lokasi pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) untuk masyarakat Kota Pariaman.

Setelahnya, Genius dan rombongan menuju Terminal Jati Kota Pariaman. Kepada Muhammad Iqbal, Genius mengungkapkan rencananya merevitalisasi terminal itu menjadi tipe A di tahun 2023 ini. Hal tersebut telah diusulkan langsung oleh Genius kepada Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiyadi.

Jika disetujui, kata Genius, terminal ini kembali akan meningkatkan aktifitas ekonomi, jasa industri dan pariwisata Kota Pariaman. Bahkan Kawasan Terminal Jati sudah dicanangkan jauh hari menjadi kawasan ekonomi dan industri di Kota Pariaman.   

Pembangunan jalan swadaya tidak hanya di bagian Utara Pariaman, namun Pemko Pariaman bersama masyarakat juga telah membuka jalan lingkar sepanjang 11.5 km di wilayah Selatan Kota Pariaman. Buktinya diperlihatkan Genius kepada Muhammad Iqbal saat meninjau loksasi..

Tidak sampai di situ, Genius juga memperlihatkan jembatan gantung di Desa Kampung Apa Pariaman Selatan yang diusulkan Genius kepada Iqbal dijadikan jembatan permanen guna memudahkan akses dan mobilitas masyarakat di perbatasan Kota Pariaman dengan Kabupaten Padangpariaman. (Desi/OLP)