Pasar Pariaman kini resmi milik Pemko

 

Foto: Juned

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar teken serah terima aset milik negara (AMN) dari Kementerian PUPR kepada Pemko Pariaman di Jakarta, Kamis (8/12).

Aset yang diserahterimakan adalah Pasar Rakyat Pariaman yang berada di pusat Kota Pariaman. Sedianya penyerahan aset dilakukan pada 7 Desember. Namun karena kunjungan Menteri PPPA ke Pariaman, penandatanganan diundur satu hari.

Menurut Genius Umar, jika saja dia hadir pada 7 Desember, penandatanganan serah terima aset akan dilakukan bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

"Kami sudah sampaikan langsung permohonan maaf kepada Pak Menteri Basuki kemarin lewal video call. Sekaligus memberitahu kepada beliau bahwa saya tidak bisa hadir karena dikunjungi oleh Menteri PPPA," ucapnya.

Genius menyampaikan Kementerian PUPR telah banyak membantu Kota Pariaman. Selain Pasar Pariaman, Talao Pauah juga dibangun oleh Kementerian PUPR.

"Sebelumnya lokasi ini adalah tempat orang membuang sampah dan tidak terawat. Setelah dibangun, sekarang menjelma menjadi destinasi wisata baru yang banyak dikunjungi wisatawan," ungkapnya.

Selain itu, konsep Waterfront City Pariaman yang tengah dikembangkan saat ini, imbuh Genius, juga atas dukungan Kementerian PUPR.

"Dengan Waterfront City, semua bangunan tidak ada lagi membelakangi laut, semua menghadap ke depan dan kita tata dengan baik," sambungnya.

Bantuan terbesar dari Kementerian PUPR sendiri adalah pembangunan Pasar Rakyat Pariaman yang dibangun pada tahun 2019-2020. Pembangunan didasari usia pasar lama sudah uzur 50 tahun dan sudah beberapa kali diguncang gempa bumi. Pembangunan pasar menghabiskan biaya hampir Rp 100 miliar.

"Setelah dibangun, Pasar Pariaman diresmikan langsung oleh Wapres Ma'ruf Amin pada 2021. Saat ini sudah ditempati pedagang," kata dia.

Dikatakannya, sesuai arahan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, aset negara harus mempunyai nilai tambah dan bermanfaat dan mampu mengangkat perekonomian masyarakat.

Pasar Pariaman juga disebutkan Genius telah mendatangkan pendapatan bagi daerah. Sejauh ini pemanfaatan aset negara di Kota Pariaman berjalan dengan baik. (Juned)