Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kepala Perpusnas resmikan Pocadi Kota Pariaman

30 Desember 2022 | 30.12.22 WIB Last Updated 2022-12-30T12:45:51Z

 


Pariaman - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpunas) M Syarif Bando meresmikan Pojok Baca Digital (Pocadi) Kota Pariaman di Balaikota Pariaman, Rabu lalu (28/12). Di samping itu, Syarif Bando juga sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan Perpustakaan Daerah.

M Syarif Bando mengatakan Pocadi merupakan tempat membaca yang menyediakan koleksi buku-buku cetak dan buku digital atau e-book.

Koleksi e-book yang ada di Pocadi berasal dari konten yang tersimpan pada lokal server dan juga konten iPusnas yang bisa diunduh mengunakan aplikasi Playstore di gawai Android.

"Pocadi merupakan program terbaru dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat khususnya bagi anak sekolah dan mahasiswa serta meningkatkan minat baca masyarakat dalam membangun literasi di tengah masyarakat," ucapnya.

Tersedianya bahan bacaan berbentuk cetak dan elektronik, kata dia diharapkan memacu minat masyarakat gemar membaca sekaligus meningkatkan literasi baca tulis dan digital. Perpustakaan Nasional juga bekerja sama dengan pemerintahan daerah ataupun kementerian, lembaga, dalam membangun Pocadi.

Ia menambahkan Pocadi dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional dengan gagasan untuk memudahkan akses informasi. Prinsip dasar perluasan Pocadi guna memperluas layanan perpustakaan agar dapat dinikmati di pusat-pusat kegiatan masyarakat, mempunyai konten/koleksi yang dirancang sesuai kebutuhan penggunanya, berbasis teknologi digital dan konten bahan bacaan yang beragam dan menarik.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengaku bangga Pocadi Kota Pariaman diresmikan langsung oleh Kepala Perpusnas.

"Pocadi akan dimanfaatkan dalam upaya peningkatan SDM masyarakat Kota Pariaman, dan menggencarkan literasi untuk masyarakat umum," kata Genius.

Pocasi di Balaikota Pariaman dilengkapi dengan berbagai perangkat pop up dan aplikasi untuk media promosi, kegiatan serta koleksi e-book, audio dan video yang direkomendasi pada banner yang tersedia.

Tersedia 3 unit PC All in one, HP 200 Pro, 1 unit DLS (Digital Library Station), 1 unit LED TV Samsung Flat 43 Inch, 1 unit TV Wall Bracket, 1 unit Perangkat Power Back up (UPS), 1 paket interior, meubelair dan jaringan komunikasi, 3 unit perangkat tablet android 32 GB, 3 unit casing tablet android, Buku bacaan 150 judul 300 eksemplar. (Junaidi)

×
Berita Terbaru Update