Genius naikkan honor Kader KB

 

Foto: Dewi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar naikkan honor kader KB yang dinilainya telah berhasil menekan angka stunting di Kota Pariaman, Kamis (15/12).

“Honor ini memang masih terbilang rendah mengingat kerja para kader di lapangan sangat berat. Untuk itu, tahun 2023 akan kita naikkan meskipun bertahap mulai dari 125.000 per bulan menjadi 150.000 per bulan, 75.000 per bulan menjadi 100.000 per bulan dan 50.000 per bulan akan kita naikkan menjadi 75.000 per bulan,“ ungkapnya.

Kader KB sendiri terdiri dari Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), Sub PPKBD, Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UP2KA).

Melalui kader KB, dikatakan Genius, saat ini angka stunting di kota Pariaman berhasil turun dari 20,23 persen menjadi 16,8 persen.

"Hal ini tentu tidak lepas dari usaha para kader yang selalu mendampingi warga Kota Pariaman untuk mendapatkan jaminan kesehatan sejak dini,“ ujarnya.

Selain itu, kader KB menurutnya pejuang kemanusian yang ada di lapangan untuk meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Selain pejuang, kader KB juga merupakan ujung tombak dan perpanjangan tangan pemerintah daerah di tingkat desa dan kelurahan.

"Program KB tidak hanya sebatas program mengendalikan jumlah kelahiran semata sebagaimana yang dipahami sebagian besar masyarakat, namun sejatinya merupakan program untuk merencanakan kehidupan keluarga yang berkualitas dan cegah stunting," pungkasnya. (Dewi/OLP)