Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ombudsman dirikan stand PVL di Pantai Gandoriah guna menerima laporan masyarakat

14 November 2022 | 14.11.22 WIB Last Updated 2022-11-13T18:33:26Z

Foto: Dewi

Pariaman - Ombudsman RI perwakilan Sumatra Barat membuka stand di Pantai Gandoriah Pariaman sekaligus memperkenalkan inovasi penerimaan dan verifikasi laporan (PVL) guna mendorong akses masyarakat terhadap pelaporan, Sabtu (12/11).

Saat meninjau stand PVL Ombudsman, Walikota Pariaman, Genius Umar memberi apresiasi karena telah memperkenalkan PVL dengan membuka stand di Kota Pariaman.

Genius menilai apa yang dilakukan Ombudsman sebagai inovasi luar biasa. Selama ini masyarakat Pariaman belum paham dengan Ombudsman dan laporan. Dengan adanya stand akan mengedukasi masyarakat akan pentingnya membuat laporan jika menemukan masalah.

“Memberikan pelayanan yang baik kepada publik adalah hal penting dalam suatu pemerintahan. Apalagi Kota Pariaman sebagai salah satu tujuan wisata. Dengan pelayanan yang baik tentu akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan. Kunjungan meningkat, sektor ekonomi masyarakat pun akan bertambah baik,“ kata Genius.

Genius menuturkan dalam rangka pelayanan publik yang baik dan memadai, pihaknya telah membangun Mal Pelayan Publik (MPP) dengan segala kemudahannya untuk melayani segala urusan administrasi masyarakat.

"MPP memberi kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan yang diberikan kepada masyarakat dalam setiap pelayanannya. Karena hakikat dari pemerintahan adalah melayani, bukan untuk dilayani," sambung Genius.

Selain aspek pelayanan administratif, ungkap Genius, Pemko Pariaman juga telah memperkuat jasa publik dalam bentuk pendidikan dan kesehatan.

"Ini adalah bagian terpenting agar suatu daerah bisa maju dan berkembang,“ jelasnya.

Kepala Keasisten Bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Rendra Catur Putra mengatakan kehadiran stand di Pariaman bertujuan mengajak masyarakat untuk berkonsultasi dan menyampaikan pengaduan terhadap maladministrasi yang terjadi dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

PVL On The Spot, kata dia, salah satu inovasi Ombudsman agar masyarkat lebih paham dan mengerti apa itu Ombudsman dan seperti apa Ombudsman bekerja.

"Sekaligus jemput bola pelaporan dari masyarakat setempat. Pada kesempatan ini, kita juga diberikan kesempatan melakukan sosialisasi bagi para pengunjung Pantai Gandoriah,“ ungkapnya. (Dewi/OLP)

×
Berita Terbaru Update