Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kagum dengan Kampung Batik Solo, Genius ajak Gibran berkunjung ke Pariaman

13 Oktober 2022 | 13.10.22 WIB Last Updated 2022-10-13T12:15:06Z

Foto: Junaidi

Pariaman - Walikota Surakarta atau Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengajak Walikota Pariaman, Genius Umar berkeliling ke Kampung Wisata Batik Kauman Solo, Kamis (13/10).

Acara tersebut merupakan rangkaian dari pertemuan rutin asosiasi pemerintah kota seluruh Indonesia (APEKSI) bertemakan Indonesia Smart City 2022 di Surakarta.

Menurut Gibran, Kampung Batik Kauman telah ditetapkan sebagai Kampung Wisata Batik di Solo sejak tahun 2016 silam sekaligus sebagai pusat batik tertua di Solo.

“Dahulu wilayah kampung ini merupakan sebuah pemukiman kaum abdi dalem Keraton Kasunanan yang masih mempertahankan tradisi dengan cara membatik,” ujar putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Kampung Batik Solo juga memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan batik Solo lainnya dengan motif batik klasik sesuai pakem atau standar Keraton Kasunanan.

"Standar Keraton Kasunanan dengan menampilkan ciri khas dari warna yang gelap dan corak modern pada batiknya," ucapnya.

Selain menjadi sentra batik dan destinasi wisata, Kampung Batik Kauman, sambung Gibran, juga menjadi tempat pelatihan pembuatan batik, penelitian batik, dan pengembangan produk batik yang telah menjadi tujuan destinasi wisata.

"Kali ini kami mengajak para walikota se Indonesia untuk melihat langsung kampung batik semoga menjadi insprirasi bagi daerah lainnya,” tutupnya.

Walikota Pariaman, Genius Umar merasa tersanjung atas pelayanan yang diberikan oleh orang nomor satu di Kota Surakarta yang turut menemani dan menjelaskan konsep dan kegiatan apa saja yang ada di Kampung Batik yang ada di Solo.

Genius mengaku tertarik dengan konsep kampung wisata batik yang memiliki banyak motif batik. Apa yang dilihatnya di sana bisa ditiru Kota Pariaman.

“Kita akan membangun kampung-kampung pusat UMKM seperti ini guna memacu dan meningkatkan ekonomi masyarakat,”ujarnya.

Kampung Batik Kauman sendiri telah menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia. Setiap iven yang diselenggarakan di kampung batik selalu menjadi daya tarik wisata lokal dan internasional.

"Kita juga mengajak Mas Gibran Rakabuming Raka, untuk datang dan berkunjung ke Kota Pariaman, dan melihat secara langsung geliat pariwisata dan UMKM di Kota Pariaman," tandasnya. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update