Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

MenPAN RB Azwar Anas minta setiap daerah percepat reformasi birokrasi

27 September 2022 | 27.9.22 WIB Last Updated 2022-09-27T03:18:24Z

Foto: Junaidi

Pariaman - Menteri Pendayagunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Azwar Anas, meminta setiap daerah dan instansi mempercepat transformasi ASN dan reformasi birokrasi.

Hal itu dia sampaikannya di Padang saat kunjungan kerjanya ke Sumatra Barat di hadapan gubernur dan bupati/walikota se Sumatra Barat, Senin (26/9).

Menurut mantan Bupati Banyuwangi ini, sesuai arahan presiden, tindakan cepat diperlukan agar memberikan dampak nyata terhadap pelayanan publik kepada seluruh masyarakat.

Dia mencontohkan bagaimana cara dia mereformasi birokrasi dan layanan publik saat dua periode menjabat Bupati Banyuwagi. Berbagai inovasi telah dilakukannya dan masih berjalan hingga sekarang.

"Semuanya tergantung bagaimana leadership dari kepala daerahnya," ujarnya.

Azwar Anas sendiri baru dilantik menjadi MenPAN RB pada 7 September 2022 menggantikan Tjahyo Kumolo yang meninggal dunia karena sakit.

Sementara itu, Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa pihaknya sepakat dengan MenPAN RB terkait pelayanan publik dan reformasi birokrasi kearah yang lebih baik.

Genius menyebut saat ini Pariaman sedang menuju dan sudah menerapkannya yang dibuktikan dengan catatan SAKIP Kota Pariaman yang terus semakin baik.

"SAKIP Kota Pariaman terus kita benahi dan kita tingkatkan yang saat ini berada di nilai B untuk mencapai A. Caranya tentu dengan mengubah mindset dari ASN dalam bekerja, dari mental yang menghabiskan anggaran menjadi mental memberi manfaat dari hasil kerja yang dilakukan," ujarnya.

Sementara Reformasi Birokrasi Kota Pariaman, Genius mengklaim sedang menuju untuk mencapai nilai A. Instansi pemerintah terus memimpin perubahan dalam mewujudkan pemerintahan berorientasi hasil, karena pengukuran kinerja telah dilakukan sampai ke level terendah.

"Sehingga budaya melayani dan penilaian ASN berbasis output kinerja telah menjadi acuan kita untuk para ASN dan Non ASN Kota Pariaman," pungkasnya. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update