Genius akui pemahaman SAKIP pimpinan OPD masih rendah

Foto: Erwin

Pariaman - Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengakui pemahaman organisasi perangkat daerah (OPD) masih rendah terhadap sistem akuntabilitas kinerja instansi atau SAKIP dan reformasi birokrasi (RB).

Hal itu dia sampaikan saat menggelar coffi morning dengan sejumlah kepala OPD sekaligus melakukan evaluasi sejauh mana pemahaman pimpinan OPD terkait pelaksanaan SAKIP dan RB di Balaikota Pariaman, Senin (12/9).

Di samping itu, Genius meminta implementasi kesiapan OPD jelang penilaian pada tanggal 15 September 2022 mendatang.

"Keterlibatan pimpinan OPD untuk penilaian SAKIP dan RB ini memiliki peran yang sangat penting," ungkapnya.

Dikatakannya, Pemko Pariaman akan mengikuti kompetisi inovation gevernment award (IGA) tahun 2022. Untuk tahun ini Genius berharap akan ada peningkatan karena pada tahun lalu Kota Pariaman masuk dalam 10 kota terinovatif nasional.

"Kita berharap di tahun ini lebih baik dari sebelumnya, minimal kita pertahankan," sebutnya.

Sekretaris Kepala Bappeda Kota Pariaman, Yalviendri menambahkan hingga saat ini, input inovasi OPD dalam aplikasi IGA Kemendagri masih di bawah 40 persen. Adapun beberapa indikator wajib dalam penilaian tersebut yakni SK tim inovasi, kerangka acuan kerja (KAK), video inovasi dan dokumen bukti penerima manfaat inovasi.

Semua SK tim inovasi tersebut, terangnya, paling lambat dikumpulkan Selasa 13 September 2022 dan sudah harus ditandatangani oleh walikota. Sedangkan semua dokumen indikator sudah dibuat dan diinput paling lambat tanggal 14 September 2022.

"Masing-masing kepala OPD bertanggungjawab untuk memastikan semua inovasi OPD diinput dengan benar dan lengkap," ucapnya.

Bappeda sendiri akan memverifikasi dokumen inovasi pada tanggal 15 September 2022, masing-masing kepala OPD beserta staff  harus selalu ada untuk memperbaiki dokumen sesuai dengan verifikasi tim inovasi Bappeda.

"Selanjutnya, Bappeda menyampaikan laporan tindaklanjut inovasi dari OPD kepada walikota pada hari Jumat tanggal 16 September 2022," rincinya. (Erwin)